COMPUTER RADIOGRAPHY, SISTEM KOMPUTER TERKINI INSTALASI RADIOLOGI

COMPUTER RADIOGRAPHY, SISTEM KOMPUTER TERKINI INSTALASI RADIOLOGI

      Kemajuan teknologi semakin lama semakin berkembang dengan pesatnya, kini semuanya menggunakan sistem komputerisasi. Tidak hanya dalam bidang industri, teknologi saat ini juga kian pesat merambah bidang kesehatan. RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” senantiasa mencoba mengikuti perkembangan teknologi kesehatan yang ada agar tidak tertinggal dan selalu bisa memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat yang membutuhkan.
               Pada edisi kali ini majalah kasih kembali mengupas dan memperkenalkan peralatan baru yang dimiliki Instalasi Radiologi RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”, yakni Computer Radiography.
           Computer Radiography ini muncul untuk mengubah teknologi analog menjadi teknologi digital dalam pelayanan radiologi. Bagi para dokter apabila ingin melihat hasil rontgent pasiennya, tinggal melihat layar monitor dan bisa dilihat dari berbagai posisi serta dapat dibesarkan sehingga tampak jelas bila ada kelainan pada pasien. Dokter juga bisa menegakkan diagnosa terhadap kelainan-kelainan yang diderita oleh pasien.
          Selama ini pelayanan radiologi atau awam menyebutnya “Rontgen”, di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” menggunakan rontgent sistem analog, yaitu suatu sistem radiologi yang memanfaatkan dark room (ruang gelap) dalam mencetak hasil fotonya. Hasil foto pada sistem analog ini memang agak kurang jelas, namun hal tersebut memang sudah menjadi standar rumah sakit pada umumnya

             Berkat kemajuan ilmu dan teknologi saat ini, teknologinya sudah berkembang ke arah digital. Computer Radiography mampu menghasilkan foto rontgen yang lebih tajam dan lebih jelas dibandingkan dengan sitem analog. Selain itu dengan menggunakan Computer Radiography dokter pemeriksa bisa secara jelas dan detail memberikan informasi penyakit atau kelainan pada tubuh pasien, hal ini karena hasil pemeriksaan bisa dilihat di layar monitor dan bisa diperbesar sehingga detail kelainan pada bagian dalam tubuh pasien bisa terlihat.
          Pasien banyak diuntungkan dengan Computer Radiography ini, karena disamping diagnosa penyakitnya bisa lebih jelas pasien juga tidak perlu lagi membawa hasil foto rontgen saat melakukan pemeriksaan atau kontrol. Oleh pihak rumah sakit hasil foto disimpan pada file komputer, dengan menginformasikan data dari pasien, dokter bisa membuka file yang dimaksud dan memberikan informasi detail hasil foto pada pasien.
              RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” terhitung mulai februari 2008 ini telah mendatangkan alat canggih tersebut, namun para pasien baru bisa menikmatinya di pertengahan hingga akhir tahun ini. “Kami masih mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk instal komputer guna menunjang persiapannya,” jelas Kus Endah Kepala Ruang Intalasi Radiologi. Oleh karenanya pasien belum bisa langsung menikmati kemajuan teknologi radiologi tersebut. “ Yang pasti kami akan memberikan pelayanan terbaik kami pada pasien, kami tidak menginginkan karena ingin cepat digunakan maka persiapan dihiraukan,”lanjutnya.
         Saat ini trial atau ujicoba dan setting serta install terhadap Computer Radiography memang tengah dilakukan, agar nantinya apabila sudah siap beroperasi tidak ada permasalahan yang muncul. Para teknisi yang didatangkan untuk melakukan setting dan instal juga tidak main-main, RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” mendatangkan dari negeri Jepang tempat alat tersebut berasal. Mereka rencana baru datang sekitar akhir maret 2008 ini, selain melakukan install dan setup, mereka juga akan melatih para operator atau pelaksana di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Dengan transfer ilmu yang langsung tersebut harapannya tidak akan muncul permasalahan  di kemudian hari.
Dengan adanya Computer Radiography ini, penyimpanan arsip foto rontgent lebih teratur dan tidak memerlukan ruangan khusus untuk menyimpan file, karena semuanya bisa tersimpan dalam memori komputer.

Kirim hasil radiologi lewat email.
    Apabila rumah sakit telah memiliki sistem jaringan komputer akan mempermudah dalam pengiriman hasil foto rontgent baik antar ruangan di dalam rumah sakit maupun keluar rumah sakit bila diperlukan. Sebagai contoh apabila pasien dirujuk ke rumah sakit lain karena suatu kondisi penyakit yang tidak memungkinkan, maka hasil foto rontgent bisa dikirim lewat email. Hal ini jelas mempermudah pasien dan tidak merepotkan karena hasil foto rontgent tidak perlu dibawa oleh pasien, dan memperkecil risiko kehilangan.
    Disamping itu apabila pasien berada di luar kota karena suatu hal dan kebetulan sakit yang diderita kambuh, maka pasien tinggal menghubungi rumah sakit dan data foto rontgen yang diperlukan akan dikirim ke dokter atau rumah sakit yang melakukan pemeriksaan. Hal tersebut tentu bisa dilakukan apabila rumah sakit tersebut memiliki fasilitas jaringan komputer on line melalui internet. Lagi-lagi pasien diuntungkan dengan sistem ini karena pasien tidak perlu lagi melakukan foto rontgent ulang.     

Hasil analisa lebih cepat diterima.
    Dengan menggunakan Computer Radiography hasil analisa lebih cepat diterima oleh pasien, hal ini karena pada sistem komputer ini tidak lagi melewati ruang gelap (dark room). Hal lain karena hasil print lebih jelas dengan sistem digital, sehingga hasil analisa juga disamping lebih cepat namun tingkat akurasinya lebih tinggi. “Dengan menggunakan Computer Radiography ini, pasien akan lebih cepat menerima hasil foto rontgen lengkap dengan analisanya, dengan demikian langkah penanganan lanjutan bisa segera dilakukan oleh dokter,” jelas Kus Endah.
    Saat ditemui di ruang kerjanya, Dr. Yoseph Chandra, M.Kes direktur RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” mengatakan bahwa pihaknya memang menginginkan pelayanan maksimal untuk para pasien. “Intinya, RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto' selalu ingin memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, sehingga dapat menjadi pilihan atau rujukan dari rumah sakit lain dalam hal pelayanan,” ujar Dr. Yoseph. Computer Radiography memang sudah masuk dalam program tahunan rumah sakit dalam hal pengadaan peralatan medis. Dr. Yoseph juga berpesan pada masyarakat untuk senantiasa memilih RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” jika memerlukan pelayanan kesehatan, karena pasien akan mendapatkan kenyamanan dalam pelayanan. Apalagi dengan telah dilaunchingnya motto “Care With Love, Quality First” dengan penerapan 3S (Senyum, Sapa dan Salam) akan menambah kenyamanan pada pasien maupun penunggunya dan juga pengunjung yang akan menjenguk keluarganya yang sakit. “Selain 3S, segala keluhan pasien bisa ditulis dalam Krisan (Kritik dan Saran) yang ada di tiap sudut ruangan atau SMS ke Suara Pelanggan 08157759999,” lanjutnya. Seiring dengan perkembangan jaman dan bertambahnya usia, RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” selalu mengikutinya dengan penyediaan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan oleh pasien. Apabila Anda membutuhkan pelayanan Computer Radiography bisa menghubungi Instalasi Radiologi RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”.

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih Edisi 13 ( JANUARI - MARET 2008 )

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar