9 CARA AMAN BERSANTAP DI PESTA DAN HARI ISTIMEWA

9 CARA AMAN BERSANTAP DI PESTA DAN HARI ISTIMEWA

     Pesta Identik dengan makanan lezat, yang sering berhubungan dengan makanan berlemak dan tinggi kalori. Hidangan berlemak tentu saja membawa dampak yang kurang menyenangkan bagi tubuh. Entah ‘‘hanya’’ sekedar kegemukan sampai pada penimbunan Kolesterol. Karena itulah banyak orang yang menahan diri tidak makan di Pesta. Sebagian orang yang lain malahan makan sepuasnya untuk kemudian diet habis-habisan dilain hari. Pesta identik dengan hura-hura, jadi kurang afdol kalau kita kurang berani menyentuh hidangan yang disajikan di situ. Sedangkan bila menyantap sajian secara membabi buta akan berakibat fatal.


      Untuk itu marilah kita lihat cara aman bersantap di pesta, artinya tetap makan tetapi tubuh tidak melar dan kadar kolesterol tetap terkendali.
Ada 9 Strategi yang harus di tempuh supaya kita tetap nyaman dan aman dalam menikmati hidangan di Pesta :

1.    YANG SEGAR, YANG SEHAT
Begitu memasuki ruang pesta dan ruang saju makanan, carilah hidangan dari sayuran atau buah. Salad atau buah segar, ambil sebanyak mungkin yang pantas dan santap perlahan. Setelah selesai dengan buah dan sayur teruskan dengan menyantap hidangan yang lain. Hal ini cukup praktis membantu mengurangi nafsu makan karena buah dan sayur yang notabene serat cukup membuat rasa kenyang.


2.    HARI PESTA BUKAN HARI ‘‘PUASA’’
Banyak orang yang mengosongkan perut sepanjang hari sebelumke pesta dimalam hari agar kalori yang masuk di hari itu tidak melebihi takaran pada saat tersebut.Padahal kalau datang ke Pesta cenderung ‘‘Kalap’’ dalam mengkonsumsi hidangan.  Seringkali tidak menghitungkan batas mana konsumsi makanan tersebut boleh dilakukan. Yang baik adalah pada saat pesta hari itu tetap denganjadwal dan pola konsumsi yang sama seperti hari biasa.

3.    ATUR JARAK
Tergoda adalah musuh kita saat berdiet. Kunci utama ‘‘Jauhi Godaan!’’ Isi piring anda dengan selada asinan atau buah segar. Jangan berdiri terus menghadapi kambing guling atau cheese cake dan hidanga berlemak lain yang menggiurkan. Percayalah sebagian besar kesalahan kita saat menyantap yang lezat-lezat diakibatkan karena penglihatan terhadap hidangan yang menggoda didepan mata.

4.    JAUHI STRES
Bila anda sedang tertekan, tubuh secara otomatis akan melawan tekanan tersebut yang akan menyebabkan produksi hormon meningkat. Sebagai akibatnya tubuh kita butuh isian lemak yang lebih banyak dan celakanya  kita penuhi dengan konsumsi makanan berlemak. Untuk sementara rasa tertekan hilang, tetapi begitu berhenti mengunyah perasaan tersebut kembali terjadi. Sebagai jalan keluar anda akan kembali mengkonsumsi makanan berlemak tersebut, begitu seterusnya sehingga tanpa sadar anda malahan dapat melihat masalah baru, kalau bukan masalah kesehatan ya mungkin berupa gangguan keindahan yaitu kegemukan. Penyelesaian stress/ tekanan yang paling tepat adalah mengatasi sumber masalahnya dan bukan mengunyah kacang atau kripik.


5.    KATAKAN ‘‘TIDAK’’ PADA ALKOHOL
Minuman alkohol sering muncul di Jamuan Pesta, entah sebagai aroma atau minuman murni. Hati-hati karena alcohol mengandung 100-350 Kalori per Porsi dan Alkohol akan membuat kita kehilangan kontrol diri.Jadi tidak heran kalau setelah minum anda malah makan lebih banyak lagi.
 
6.    BIJAKLAH TERHADAP    ‘‘BINGKISAN’’
Mungkin anda termasuk eksekutif yang banyak kebanjiran bingkisan pada setiap tutup tahun. Hati-hatilah terhadap Parsel-Parsel makanan yang bisa menyebabkan anda naik berat badan 5 kg dalam seminggu saja. Tapi pada event seperti ini lebih prioritaskan makanan berserat. Daripada anda sakit, tidak salah kok kalau anda berbudi baik membagi parsel anda dengan teman, saudara atau tetangga.

7.    WASPADA TERHADAP ‘‘CICIP MENCICIP’’
Hari-hari menjelang suatu jamuan merupakan hari-hari padat memasak. Semua orang yang terlibat dekat boleh dipastikan repot dalam hal persiapan hidangan. Hati-hati bila anda termasuk orang yang dipercaya sebagai pelaku ‘‘icip-icip’’. Bukan tidak mungkin karena mencicipi saus pudding anda menambah porsi cicipan dengan sepotong atau dua potong pudingnya, atau karena mencicipi sepotong kastengels anda malah menguras stoples penuh kastengels tersebut.

8.    MINTA MAKANAN ‘‘RENDAH KALORI’’
Kalau memungkinkan dalam jamuan dimana anda sebagai penyelenggara atau panitia, pastikan terdapat hidangan berserat yang cukup. Minta sediakan menu rendah kalori seperti asinan buah dengan campuran jeruk lemon yang lezatnya tidak kalah dengan sepotong lapis Surabaya. Kalau anda penggemar cake mintalah menu cake dengan campuran buah atau sari buah dalam adonannya.

9.    OLAH RAGA 10 MENIT
Aktifitas olah raga 10 menit per hari cukup membantu pembakaran kalori sebanyak kira-kira 200 Kalori. Yang membantu juga dengan aktifitas olah raga cukup bisa mengalihkan perhatian anda ke makanan. Jalan kaki atau Aerobik merupakan pilihan tepat olah raga bagi anda untuk cukup membantu membakar kelebihan lemak anda.”

 

{oleh : Kristiana Susilowati}

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 2 (APRIL-JUNI 2005)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar