BIMBINGAN KONSELING REMAJA BERMASALAH

BIMBINGAN KONSELING REMAJA BERMASALAH

    Seminar Psikologi yang rutin diadakan di RS. Panti Wilasa “Dr.Cipto” kali ini membahas topik menarik yakni Bimbingan Konseling Remaja Bermasalah. Acara yang digelar pada tanggal 20 November 2010 yang lalu tersebut menghadirkan Dr. Ismed Jusuf, Sp.KJ sebagai pembicara.
    Para peserta yang didominasi oleh para orang tua tersebut dengan seksama menyimak penjelasan dokter pemerhati anak dan remaja tersebut.
    Dalam paparannya, dokter Ismed membagi empat tipe remaja, yaitu :

  • Tipe A, remaja dengan penyesuaian dirinya berhasil sempurna, menjadi remaja tanpa masalah ditandai dengan prestasi baik, perilaku baik, taat pada orang tua dan guru, aktif di organisasi, penuh percaya diri, taat beragama.
  • Tipe B, penyesuaian diri berhasil dengan kesulitan, menjadikannya remaja bergejolak, cirinya prestasi tidak stabil, perilaku seenaknya, cari keuntungan sendiri, suka membolos, belajar kalau mau, angin-anginan, dengan guru dan orang tua semau gue.
  • Tipe C, penyesuaian diri berhasil tidak sempurna, menjadikannya remaja bermasalah. Hal ini ditandai dengan prestasi sekolah gagal, perilaku sulit diatur, suka ngebut, miras dan narkoba, jarang pulang rumah, hidup di jalanan, bermasalah dengan orang tua dan guru.
  • Tipe D, penyesuaian dirinya gagal menjadikan remaja bermasalah berat. Hal ini akan mengakibatkan prestasi gagal, perilaku kriminal, berurusan dengan aparat, narkoba, perilaku seks dini, tidak dapat dikendalikan.

    Upaya pendampingan remaja perlu dilakukan dengan cermat supaya perkembangan remaja menjadi baik.  Sedangkan pendampingan khusus perlu dilakukan pada remaja bermasalah supaya menjadi remaja yang lebih baik.  
    Seminar yang disambut antusias oleh para peserta dengan berbagai pertanyaan ini berlangsung seru, mengingat problematika remaja dibahas tuntas. Nah, nantikan seminar seri berikutnya, tentunya dengan topik yang cukup menarik.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 24 (OKTOBER-DESEMBER 2010)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar