Logo

DR. ROCHMANADJI WIDAJAT, SP.AK, PENULIS BUKU A GREAT AND SSTAINABLE HOSPITAL

DR. ROCHMANADJI WIDAJAT, SP.AK, PENULIS BUKU   A GREAT AND SSTAINABLE HOSPITAL

     Profil dokter kita kali ini adalah sosok dokter yang cukup dekat dengan anak-anak. Ya, Dr. ROCHMANADJI WIDAJAT, Sp.A(K) adalah seorang Dokter Spesialis Anak Senior & Konsultan Nefrologi (ahli penyakit ginjal anak),  yang berpraktek di RS Panti Wilasa “Dr. Cipto”.

Riwayat Pendidikan
    Dr. Rochmanadji adalah salah seorang alumni FK-UGM, Yogyakarta tahun 1970 (dokter umum), alumni PPDS-1 FK-Undip/RS Dr. Kariadi, Semarang tahun 1983 (spesialis anak/Sp.A), dan lulusan Post-Graduate Course on Pediatric Nephrology, Certified AZG-Groningen, The Netherland tahun 1991.
    Pada tahun 1993 diwisuda sebagai Consultant in Pediatric Nephrology”/ Sp.A(K), dan terakhir sebagai alumni / lulusan S2–Program Studi KARS, Pascasarjana-UI, Jakarta pada tahun 1996 (Magister Administrasi RS, disingkat MARS).
Pengalaman Pekerjaan
    Dokter anak yang terkenal ramah ini mengawali karirnya sebagai dokter ketika menjadi  PNS (Pegawai Negeri Sipil) pertama kali di Provinsi Bengkulu, antara tahun 1971–1978. Mula-mula sebagai Kepala Puskesmas, kemudian Kepala PTC (“Provincial Training Center”), lalu pada tahun 1975-1978 sebagai Direktur RSUD Curup, Kabupaten Rejang-Lebong Provinsi Bengkulu.         Sejak 1 Januari tahun 1979, ia pulang ke kampus melanjutkan pendidikan jenjang spesialisasi anak dan oleh Depkes ditugaskan tetap di Semarang, mula-mula sebagai dokter anak home staf  RS Dr. Kariadi.
    Pengalaman pekerjaan lainnya di  bidang Manajemen RS  di dapat di RS Dr. Kariadi sejak tahun 1992, mula-mula ditugaskan sebagai Pejabat sementara (Pjs.) Kepala Bidang Pelayanan Medis, namun di dalam surat keputusan Depkes (awal tahun 1994) justru diangkat sebagai Wakil Direktur (Wadir) Penunjang Medis & Pendidikan RS Dr. Kariadi (1994 - 1996). Semenjak itu, kariernya di jajaran direksi terus berlanjut, sebagai Wadir Pelayanan Medis (1996 – 1998) dan kemudian Wadir Umum & Keuangan, sejak 1998 hingga awal tahun 2002. Tahun 2002 - 2006 jabatan yang diembannya adalah  Direktur Sumber Daya Manusia .
    Saat ini Dr.Rochmanadji tercatat sebagai seorang mantan PNS-Depkes (pensiun PNS golongan IVc) yang sudah mengabdi selama 35 tahun sebagai PNS sejak awal 1971 – awal 2006, dan masih diangkat sebagai Staf Pengajar Luar Biasa FK Undip  sebagai tenaga pendidik, penilai dan pembimbing tesis peserta PPDS-1 Ilmu Kesehatan Anak, sub-Bagian Nefrologi.

    Beberapa aktivitas dokter anak ini  antara lain  menjadi Pengurus organisasi PERSI / Makersi wilayah Jawa Tengah, Ketua PERMAPKIN (Perhimpunan Manajer Pelayanan Kesehatan Indonesia) wilayah Jawa Tengah dan sering aktif sebagai narasumber pada beberapa pertemuan oleh Depkes, PERSI, PERMAPKIN, IDI, IDAI, PPNI, serta Dosen Tamu/Penguji pada Program S2 MMR Paska Sarjana Undip.
    Menulis makalah di surat kabar dan majalah / buletin profesi merupakan salah satu hobi RA yang dirintis sejak lama. Ternyata dari hobi ini tercipta sebuah karya besar yang menjadi salah satu “best seller of 10 non-fiction books – 2009”, yaitu buku manajemen RS berjudul “A Great and Sustainable Hospital” penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
    Last but not least, Dr. Rochmanaji adalah seorang suami yang baik dari seorang istri yang setia, bapak dari 4 orang anak yang sudah dewasa dan sebagai kakek dari 5 orang cucu yang lucu-lucu.  Nah pembaca, apabila masih ingin kenal lebih dekat, Dr. Rochmanadji dapat ditemui pada waktu praktek di Klinik Spesialis Anak RS. Panti Wilasa     “Dr. Cipto”. Sambil berkonsultasi tentang kesehatan anak kita, kitapun dapat menimba pengalaman hidupnya.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 22 (APRIL-JUNI 2010)

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next LAWAN PENYAKIT SALURAN CERNA DENGAN PROBIOTIK

Tinggalkan Komentar