FORIL KEBIDANAN : INISIASI TERKINI DAN PERAWATAN TALI PUSAR TERKINI

FORIL KEBIDANAN : INISIASI TERKINI DAN PERAWATAN TALI PUSAR TERKINI

     Menolong persalinan bagi bidan sudah merupakan tugas pokok para bidan, agar tidak ketinggalan teknologi persalinan RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” secara rutin mengadakan forum ilmiah kebidanan. Tanggal 17 April foril kebidanan dengan tema refresing tentang Inisiasi dan perawatan tali pusar terkini. Pembicara foril kebidanan kali ini adalah dokter spesialis kandungan dan spesialis anak dari RS. Panri Wilasa  “Dr. Cipto”  yang sudah tidak asing lagi, yaitu Dr. R Soerjo Hadijono SpPG-K, DTRM&B serta Dr. Bambang Sudarmanto, SpA.
     Dr. Soerjo memberikan materi tentang inisiasi menyusui dini, sedangkan Dr. Bambang mengangkat tema perawatan tali pusar.
     Dalam materinya Dr. Soerjo menjelaskan secara detail beberapa tahapan menyusui pada bayi baru lahir. sepuluh tahapan yang harus diketahui para bidan. Setiap fasilitas pelayanan kesehatan maternal dan bayi baru lahir menurut Dr. Soerjo harus memiliki kebijakan tertulis yang secara rutin dikomunikasikan pada setiap petugas, melatih ketrampilan pada setiap tenaga kesehatan, memberikan informasi kepada setiap ibu hamis tentang pengelolaan dan keuntungan menyusui, membanu ibu melakukan inisiasi menyusui dalam waktu 30 menit setelah melahirkan.
     Selanjutnya para bidan juga harus memperlihatkan pada ibu bagaimana menyusui dan mempertahankan laktasi, tidak memberikan makanan dan minuman lain kepada bayi selain ASI, melakukan rawat gabung, mendorong upaya menyusui sesuai kebutuhan, dan yang terakhir dukung pengembangan kelompok pendukung ASI dan rujuk ibu kepada mereka pada saat ibu pulang dari rumah sakit.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 14 (APRIL-JUNI 2008)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar