FORIL MEDIS

FORIL MEDIS

Foril Medis Tanggal 5 Juli 2006

     Dr. Subroto PH, Sp.PD tampil membawakan ”Managemen Nyeri”, dijelaskan dalam materinya bahwa nyeri bersifat subyektif tidak ada test yang bisa mengukur, stategi terbaik dalam mengatasi nyeri perlu pendekatan multidisipliner dengan pendekatan farmatologi, intervensional, fisikal dan psikologis. Pengobatan pada nyeri bersifat individual. Nyeri berdasarkan mekanisme di klasifikasikan menjadi nyeri fisiologik, nyeri inflamasi, nyeri neuropatik, dan nyeri psikopgenik. Nyeri berdasarkan waktu di klasifikasikan menjadi dua yaitu nyeri akut dan nyeri kronik. Sedangkan berdasar intensitas nyeri terbagi menjadi nyeri ringan dengan scala nyeri 0-3, sedang dengan skala nyeri 4-7 dan berat dengan skala nyeri 7-10.

 

Foril Medis Tanggal 19 Juli 2006

     Hari Rabu tanggal 19 Juli 2006 ini merupakan Foril Medis yang istimewa karena menghadirkan 3 pembicara sekaligus dan jumlah pesertapun 2 kali lipat dari biasanya. Tidak tanggung-tanggung salah satu pembicara adalah seorang professor yang secara khusus didatangkan dari RSUPN Ciptomangunkusumo Jakarta, yaitu Prof.Dr. dr. Harry Subagio, Sp.PD-KR,K-GER, seorang ahli ilmu penyakit dalam. Didaulat sebagai pembicara pertama Prof Harry mengangkat materi Penatalaksanaan NSAID untuk kasus nyeri pada Arthritis Sendi Lutut. Dalam penjelasanya dokter yang saat ini menjabat sebagai President Reumatology Association Of ASEAN ini terlebih dahulu menjelaskan mengenai Orteoartesis. Orteoartesis ditandai dengan hilangnya keseimbangan normal diantara sintesis dan gradasi makro molekuler yang dibutuhkan dalam menjaga fungsi dan kemampuan biomekanikal rawan sendi artikuler. Perubahan pada struktur dan metabolisme sinovium dan tulang subkondral. Lebih lanjut Prof Harry menjelaskan tujuan dari pengobatan osteoatesis tersebut diantaranya: pengurangan rasa nyeri, menjaga dan mempertahankan mobilitas, mencegah terjadinya gangguan fungsi, memperbaiki kwalitas hidup dan mencegah terjadinya efek toksik dari obat.
  Pembicara kedua setelah Prof Harry adalah Dr. Suyanto Hadi, Sp.PD dari Subbagian Reumatologi FK Undip mengambil tema  ”Rematik Extra Artikuler”. Dalam materinya dijelaskan Dr. Suyanto mengupas tuntas masalah rematik atau nyeri sendi yang biasa menyerang pada bagian sendi bahu, sendi siku, sendi kaki serta pergelangan tangan dan tangan disertai gejala serta upaya pencegahannya. Sedangkan pembicara terakhir adalah Dr. Sudarsono, Sp.PD yang mengangkat tema ”Diagnosis dan Pengobatan Spondilitis Ankilosa”. Dijelaskan dalam materi yang disampaikan mengenai penyakit peradangan kronik yang mengenai persendian. Sebagai moderator dalam foril ini adalah Dr. Bantar Suntoko, SP.PD. Dengan menghadirkan para pakar di bidang management nyeri diharapkan para dokter umum yang hadir pada forum ilmiah ini bisa mengambil intisari dari penjelasan yang disampaikan untuk diterapkan.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 7 (JULI-SEPTEMBER 2006)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar