FORIL MEDIS : DYSPEPSIA

FORIL MEDIS : DYSPEPSIA

     Forum Ilmiah Medis RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” bulan ini diselenggarakan tanggal 12 desember 2007 dengan pembicara Dr. Subroto, Sp.PD.  Materi yang diangkat pada foril medis  kali ini adalah “Dyspepsia”. Dyspepsia menurut Dr. Subroto adalah nyeri atau rasa tidak enak di perut bagian atas, baik akut, kronik atau reccurrent. Keluhan ini disertai dengan rasa penuh di perut bagian atas, terjadi pada 25 % orang dewasa dan 3% kunjungan rawat jalan.
    Gejalanya adalah Berat Badan menurun. persistensi vomiting, Constant or severe pain, Dysphagia, Hematemesis atau melena. Jika diperlukan, jelas Dr. Subroto dilakukan endoskopy atau abdominal imaging. Pemeriksaan fisik pada penderita biasanya normal, perlu dicari adanya kelainan organ seperti BB menurun, organomegali, massa abdomen, occut blood. Pada pasien usia diatas 50 tahun perlu diperiksa darah rutin, elektrolit, liver enzymes, calcium dan fungsi tiroid.
    Pemeriksaan khusus dilakukan dengan endoskopi saluran makan bagian atas dan jika dicurigai ada kelainan organ abdomen diluar gaster maka dilakukan abdominal imaging (USG, CT scan).
    Tindakan umum yang dilakukan dengan memberikan nasehat agar menghindari alkohol, kopi dan makanan berlemak. Penelitian tentang kebiasaan makan dan munculnya keluhan bisa mencari pencetus timbulnya rasa sakit atau rasa tidak enak termasuk faktor psikososial, jelas Dr. Subroto mengakhiri materi.

 

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 12 (OKTOBER-DESEMBER 2007)
   

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar