FORIL MEDIS : PROBIOTIK PADA GENIKOLOGI

FORIL MEDIS : PROBIOTIK PADA GENIKOLOGI

foril medis

    Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang apabila diberikan dalam jumlah yang cukup, akan memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan. Probiotik yang digunakan dalam bidang ginekologi adalah Lactobacillus. Demikian cuplikan makalah Forum Ilmiah Medis yang diadakan di RS. Panti Wilasa   “Dr. Cipto”  pada 15 Desember 2010 yang lalu. Foril Medis yang diikuti oleh dokter umum tersebut menghadirkan pembicara Dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG, M.Kes.
    Lebih lanjut, Dr. Suwignyo memaparkan peran Lactobacillus diantaranya menghambat pertumbuhan bakteri patogen, menghambat adhesi (perlekatan) bakteri patogen dan menghambat ekspansi bakteri patogen. Dalam bidang genikologi probiotik juga mulai digunakan.
    Dalam kesempatan lainnya Kegiatan Forum Ilmiah Medis  mengangkat topik menarik yakni pemeriksaan sedimen urin metode Flowcytometry, yang dibawakan oleh Prof. Dr. dr.  A Lisyani B. Suromo, Sp.PK(K) pada taggal 10 Desember 2010 yang lalu.
    Kegiatan yang banyak diminati para dokter ini senantias mengangkat topik perkembangan ilmu kedokterana  terkini. Bagi para dokter, silakan bergabung di komunitas foril medis ini.

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 24 (OKTOBER-DESEMBER 2010)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar