GEMAR MENJELAJAHI DUNIA MELALUI INTERNET

GEMAR MENJELAJAHI DUNIA MELALUI INTERNET

Anda gemar menjelajahi dunia melalui internet???
Kini RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” bisa diakses diinternet, melalui Websitenya www.pantiwilasa.com .

 

     Dalam website tersebut akan dijumpai beragam aktivitas seputar kegiatan rumah sakit, forum-forum ilmiah, materi perkembangan dunia kesehatan, tips hidup sehat dan masih banyak lagi materi seputar dunia kesehatan. Internet kini memang sudah menjadi suatu kebutuhan, masyarakat bisa mencari informasi apapun melalui piranti canggih yang sekarang sedang menjadi tren ini. Kita bisa melihat dunia hanya dengan duduk dan melihat melalui layar komputer tanpa harus beranjak dan mengeluarkan biaya besar. Berita-berita aktual juga bisa langsung diakses seketika itu juga, karena semua tersaji secara update.
     RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” tentunya tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat luas. Untuk itulah pada bulan Nopember 2008  diluncurkan website dengan nama www.pantiwilasa.com. “ Website ini kami buat karena saat ini masyarakat sangat membutuhkan informasi terutama seputar dunia kesehatan, selain itu dengan website ini kami bisa mengenalkan rumah sakit kepada masyarakat,” Ujar Dr. Yoseph Chandra, M.Kes Direktur RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” .
     Pengenalan rumah sakit kepada masyarakat luas merupakan obsesi utama dibuatnya website tersebut, bagaimana tidak, masyarakat kita saat ini sangat kompetitif dan jeli melihat peluang dan informasi. “ Era sekarang ini memang eranya informasi terbuka, jadi dengan menggunakan website kami mencoba menyajikan informasi yang terbuka, karena prinsip kami dengan keterbukaan masyarakat akan bisa memilih dengan leluasa segala bentuk pelayanan apalagi pelayanan kesehatan,” ungkap Bayu Nuskantono, S.Sos Kabag Marketing RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Muara dari keterbukaan lanjut Bayu adalah kepuasan pelanggan dalam menerima dan memanfaatkan pelayanan kesehatan di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”.
     Sudah tidak diragukan lagi RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” memang mengedepankan pelayan dengan cinta kasih dan mengutamakan kualitas pelayanan. Agar pelanggan mencapai kepuasan, maka pelayanan harus diberikan secara maksimal baik dari segi peralatan maupun pelayanan itu sendiri. Dari sisi teknologi, RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” selalu berusaha mendatangkan peralatan kesehatan canggih yang saat ini banyak digunakan. Sementara dari sisi pelayanan rumah sakit yang terletak di Jl. Dr. Cipto ini berusaha menjadi yang terbaik dengan ISO 9001:2000 dan juga Akreditasi serta melaksanakan SOP (Standart Operation Procedure) keperawatan melalui SPMKK.
     Sementara itu dari segi pemasaran banyak sudah upaya menjadikan RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” sebagai rumah sakit pilihan, diantaranya dengan menerbitkan majalah internal triwulan (Majalah Kasih), mengisi acara-acara konsultasi di station televisi lokal, radio dan membuat studio komunikasi internal yang diperuntukkan bagi pasien dan karyawan. Kini RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” merambah ke dunia internet dengan membangun website sebagai media informasi. “Pasien yang memanfaatkan jasa pelayanan di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” tidak hanya dari semarang saja, kini dari pasien luar kota semarang sudah mulai memilih rumah sakit kami untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, itulah makanya kami merasa perlu untuk membuat website, agar pasien tidak ragu,” kata Bayu Nuskantono.

Cara mengunjungi website RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”
    Untuk bisa berkunjung dan melihat informasi di website RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” tidaklah sulit. Pengunjung cukup membuka internet dan menuliskan alamat web: http://www.pantiwilasa.com, maka akan muncul tampilan halaman utama website RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. “Pengunjung yang akan singgah di website kami, bisa memilih beragam menu yang diinginkan tinggal klik saja,” ungkap Tunggul Adhibisono web desgner Web Panti Wilasa.com yang juga staf marketing RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Pada tampilan halaman utama website pantiwilasa terdapat beberapa menu pilihan, diantaranya:

Profil Rumah Sakit.
    Menu yang disajikan dalam profil rumah sakit berisi sambutan dari direktur rumah sakit dan juga sambutan pengurus Yakkum, profil dan sejarah RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Selain itu juga ditampilkan visi misi rumah sakit dan juga menampilkan beberapa penghargaan dan sertifikat yang telah diraih oleh RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”.
    Website juga memberikan informasi Sumber Daya Manusia yang sudah memiliki kompetensi sesuai dengan keahliannnya. Dengan demikian pengunjung akan semakin yakin dan mempercayakan pelayanan kesehatannya ke RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”.

Informasi Rumah Sakit
     Menu ini berisi informasi layanan yang diberikan oleh RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” diantaranya layanan IGD, Info layanan rawat jalan lengkap dengan jadwal praktek dokter, homecare, pelayanan pijat bayi dan pelayanan senam hamil. Untuk Informasi Layanan rawat inap menampilkan layanan ruang yang dimiliki rumah sakit beserta fasilitas yang diberikan. Informasi Layanan Apotik, laboratorium, radiologi, dan juga rehabilitasi medik juga diinformasikan secara lengkap.
Informasi lain pada menu ini adalah info kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Hal ini diberikan agar para pelanggan atau pengunjung yang berkeinginan bisa mengikuti semua bentuk kegiatan tersebut.
Informasi tarif pelayanan rumah sakit secara lengkap bisa juga diperoleh agar calon pasien yang berkunjung bisa menyesuaikan dengan kondisi ekonominya.

Kerjasama.
    Menu kerjasama berisi informasi kerjasama RS.Panti Wilasa “Dr. Cipto” dengan perusahaan asuransi maupun perusahaan lain diluar asuransi. Pengunjung website bisa mendapat informasi dengan perusahaan mana saja RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” bekerjasama. Dengan demikian pengunjung yang bekerja di suatu perusahaan bisa mengetahui apakah perusahaanya atau perusahaan asuransinya ada kerjasama.

Komunitas.
    RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” mempunyai beberapa perkumpulan atau komunitas seperti Persadia atau perkumpulan penderita DM dan Club 19 perkumpulan para pendonor sukarela. Menu ini dikhususkan untuk anggota komunitas maupun pengunjung diluar komunitas dan berisi aktifitas masing-masing komunitas.

Link.
    Website RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” juga mempunyai link dengan yayasan atau organisasi terkait. Dengan mengunjungi website ini bisa secara langsung mengunjungi jaringan RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” yaitu Yakkum dan juga BMKK.

Majalah kasih.
    Majalah Kasih dari edisi pertama hingga edisi terakhir disajikan disini, pengunjung yang tidak sempat atau belum membaca bisa menyimak di website pada menu Majalah Kasih. Semua rubrik majalah kasi dari edisi pertama hingga edisi terbaru muncul disini. Jadi bagi para pelanggan setia yang ingin membaca kembali majalah kasih cukup dengan mengunjungi web site RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Kedepan majalah kasih akan tampil secara online di majalahkasih.pantiwilasa.com.
Informasi secara On line.
    Website ini juga menampilkan icon chat online dengan Bagian Marketing dan Diklat. Masyarakat akan merasakan secara langsung tinggal melihat icon Yahoo Messenger yang menyala kuning. Tiga orang pemasaran rumah sakit akan melayani setiap pertanyaan. Begitu juga apabila memerlukan informasi seminar dan pelatihan icon Diklat dapat diakses secara Online.

Manfaat bagi masyarakat
    Kehadiran web site RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” sangat didambakan bagi para sahabat (Pelanggan rumah sakit), bagaimana tidak perkembangan rumah sakit tentu bisa langsung diakses sehingga tidak akan ketinggalan informasi. Saat majalah Kasih mewawancarai Cindy dan Alvin AFI yang diundang khusus oleh RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” untuk memeriahkan Natal 16 Desember 2008 lalu. Keduanya mengaku pernah mengunjungi website RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” yang sangat informatif, katanya. “Setelah saya dihubungi untuk mengisi peringatan Natal di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”, saya langsung mencoba mengakses situs rumah sakit ini di internet, begitu saya buka surprise banget apa yang disajikan sangat informatif,” tutur Alvin yang diiyakan oleh Cindy.
    Darma, salah satu keluarga pasien yang sedang menunggui kerabatnya di ruang Etha mengaku pernah membuka website pantiwilasa.com untuk mencari tahu pelayanan apa yang dimiliki oleh RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Bahkan keberadaan kerabatnya di ruang Etha karena informasi dari website tersebut. “Saya lebih mantap ketika sebelum mengirimkan saudara saya ke rumah sakit, saya pastikan dulu dengan melihat websitenya, karena dengan demikian saya jadi tahu pelayanan apa yang diberikan kepada pasien,” ungkap Darma.
    Banyak manfaat yang akan diterima oleh masyarakat dengan keberadaan website RS. Panti Wilasa Dr. Cipto” tersebut. Transfer pengetahuan, informasi kesehatan informasi pelayanan dan bahkan konsultasi dokter. Nah, tunggu apalagi, mari berkunjung ke www.pantiwilasa.com dan di majalahkasih.pantiwilasa.com.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 16 (OKTOBER-DESEMBER 2008)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar