Logo

HIDUP UNTUK BERIBADAH

HIDUP UNTUK BERIBADAH

   Kita hidup untuk beribadah, kita bekerja untuk beribadah, kita berkeluarga untuk beribadah dan kita bersatu dengan-Nya melalui ibadah kita, demikian falsafah hidup yang diyakini oleh Dr. Subroto Prawiroharsoyo, Sp.PD, M.Kes. Dokter yang lahir di Kulon Progo Yogyakarta, pada 14 Januari 1949 ini adalah dokter spesialis penyakit dalam “senior” di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”.
    Pendidikan yang ditempuh diawali dari SD Ngulakan di tahun 1955 hingga 1960, kemudian SMPN Wates, SMA BOPKRI II Yogyakarta pada tahun 1963 - 1965. Sementara itu, pendidikan tinggi ditempuh di Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada Yogyakarta hingga meraih gelar Magister Kesehatan atau Administrasi Rumah Sakit dan Spesialis Penyakit Dalam.
    Dokter yang dikenal ramah oleh para pasiennya ini mengawali karirnya sebagai pimpinan BP/RB/RS Panti Rahayu Purwodadi Grobogan pada tahun 1973-1981. Pada tahun 1994 - 2000, dokter Subroto menjabat sebagai direktur RS. Panti Wilasa “Citarum”. Setelah itu, pada tahun 2005-2009 Dr. Subroto menjabat sebagai Direktur RS William Booth Semarang.
    Dokter yang memiliki hobi mengoleksi buku dan membaca buku ini juga terjun di beberapa organisasi seperti Pengurus IDI Cabang Purwodadi, IDI Wilayah Jateng dan Anggota PAPDI. Tak hanya di organisasi saja, beberapa pelatihan juga diikutinya seperti Health System Management Gallilea College Netanya, Israel. Pelatihan dalam bidang Geriatric dan Nursing Home SVVE Eindhoven Belanda. Pelatihan USG dasar untuk dokter spesialis Penyakit dalam di PUSKI Jakarta.
    Dokter yang memiliki visi dan misi pekerjaan yakni “Pekerjaan adalah tempat kita melaksanakan dan mengembangkan profesi kita, jadi bekerjalah secara profesional, berilah yang terbaik dari yang kita punya”, juga menanamkan falsafah hidup yang diyakininya di dalam keluarganya. Didampingi istri tercinta, Dr. Sri Kadarsih, MM, dokter Subroto mendidik kedua putra-putrinya.  Puteri pertamanya,  Ir. Shanti Puspitorini kini berkeluarga dengan Ir. Yuventius WS. Sedangkan Putera keduanya, Dr. Panji Ario Prabowo, Sp.PD, MKes berkeluarga dengan Dr. Hestiani K., Sp.S. Kebahagiaan keluarga dokter Subroto pun lengkap dengan kehadiran cucu-cucu yang memanggilnya “eyang”.
    Dokter yang memiliki banyak pengalaman ini juga tak pernah lepas dari pelayanan rohani, pelayanan mimbar dan pemahaman Alkitab kerap kali dibawakannya. Sosok yang menginspirasi pelayanan dan hidupnya adalah Yesus Kristus. “ Dia adalah segala-galanya, baik sebagai guru, sebagai panutan, maupun sebagai Juru  Selamat.
    Nah, apabila ingin mengenal lebih dekat dokter Subroto dan keluarganya? atau berkonsultasi kesehatan? Dr. Subroto dapat ditemui di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” atau di rumahnya di Jl. Bangunharjo 1/12 Banyumanik Semarang.

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next BUKA MATA, BUKA HATI

Tinggalkan Komentar