HOSPITAL TOUR UNTUK ANAK SARANA BELAJAR DAN MENGENAL RUMAH SAKIT

HOSPITAL TOUR UNTUK ANAK SARANA BELAJAR DAN MENGENAL RUMAH SAKIT

Rumah Sakit tidak hanya diperuntukkan bagi para pasien yang sedang menjalani perawatan, tetapi juga merupakan tempat belajar bagi anak-anak. Hal ini yang  dilakukan di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” melalui program yang dikemas dalam “Hospital tour untuk anak”.

       Berawal dari sebuah gagasan bahwa pendidikan kesehatan untuk anak-anak merupakan hal penting yang perlu dilakukan, maka muncul program “Hospital Tour Untuk Anak” di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Menurut Dr. Yoseph Chandra, M.Kes, direktur RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”, rumah sakit memiliki banyak profesi yang dapat diketahui oleh anak-anak. “Jika di Jakarta sda sebuah wahana wisata yang menyuguhkan berbagai profesi yang dapat dijadikan tempat belajar anak-anak, saya jadi berpikir  rumah sakit memiliki banyak profesi pula seperti dokter, perawat, apoteker, ahli radiologi dan sebagainya yang  juga bisa menjadi tempat belajar. Anak-anak juga bisa mengerti bahwa rumah sakit merupakan tempat untuk membuat mereka bisa sehat, jika ditambahkan dengan edukasi tentang kesehatan”, ungkap Dr. Yoseph.         Lebih lanjut, Dr. Yoseph menjelaskan bahwa sebelumnya,      RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” sudah menerima program hospital tour yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan siswa sekolah menengah. Saat ini, pengembangan program ini mengarah pula ke anak-anak. “Jadi tujuan hospital tour untuk anak ini adalah memberikan edukasi kesehatan kepada anak-anak dan memperkenalkan beragam profesi yang ada di rumah sakit. Disamping itu, untuk menambah wawasan anak tentang rumah sakit”, ungkap Dr. Yoseph.  
    Kegiatan yang dibuka pada bulan maret 2012 yang lalu ternyata menarik perhatian pendidikan dari Taman Kanak-Kanak. Hal ini tampak dari padatnya jadwal hospital tour di hari Jumat. “Pelaksanaan kegiatan ini dikoordinasikan oleh tim hospital tour, kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat pagi”. jelas Dr. Yoseph. Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam kegiatan ini anak-anak akan melewati beberapa stase yang disiapkan. “Anak-anak akan diajak berkeliling mengenakan pakaian dokter kecil dan masker oleh para perawat. Dari Instalasi Gawat Darurat, Klinik Umum, Klinik gigi, Kamar Operasi, Ruang Resusitasi serta mengenal alat-alat yang ada di rumah sakit. Hal yang menarik adalah mereka tidak hanya mendapatkan penjelasan, tetapi juga memainkan simulasi dari mendorong brankard dan kursi roda, juga belajar membersihkan karang gigi serta memberikan resusitasi jantung paru”, jelas Dr. Yoseph.
    Kegiatan yang berlangsung sekitar dua jam ini dilakukan di tempat-tempat yang telah disiapkan sebelumnya. “Beberapa rute kami siapkan sebelumnya untuk anak-anak supaya tidak bersinggungan dengan pasien yang sedang dirawat. Selain untuk alasan keamanan bagi anak-anak, kami harapkan kegiatan ini juga tidak mengganggu kenyamanan pasien. Karena itu beberapa tempat kami siapkan khusus, termasuk kamar operasi yang kami lengkapi seperti kamar operasi sesungguhnya”, ujar Dr.  Yoseph.
    Tidak hanya mengenal dan bermain simulasi saja, anak-anak ternyata juga akan mendapatkan pelajaran tentang hidup sehat. Di akhir perjalanan berkeliling di rumah sakit, anak-anak akan berpose “ala dokter” sebelum mereka mendapatkan ceramah tentang hidup sehat oleh dokter. “Kami mencoba memberikan edukasi tentang hidup sehat kepada anak-anak dengan bahasa mereka, jadi materi yang disiapkan oleh dokter lebih interaktif’, jelas Bayu Nuskantono, Kabag Marketing dan Humas RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Diharapkan sepulang dari hospital tour ini, mereka juga bisa mengingatnya dan belajar melakukannya dibantu oleh para guru.
    Sesi ceramah yang biasanya membosankan bagi anak-anak, ternyata dapat berlangsung menarik. Disamping kreativitas dokter yang membawakan materi, dalam acara tersebut anak-anak berpose di depan kamera “ala dokter kecil” dan diberikan gift menarik berupa “stationery set” khas RS. Panti Wilasa      “Dr. Cipto”. tentu saja hal ini membuat anak-anak menjadi bersemangat.
    Dalam perkembangannya, kegiatan hospital tour ini akan ditambahkan beberapa profesi seperti fisiotherapis, ahli radiologi, laboratorium dan apoteker. “Kami juga sedang memikirkan pada tahap selanjutnya untuk dapat mengenalkan instalasi gizi rumah sakit, jadi anak-anak dapat juga mengetahui bagaimana pengolahan makanan di rumah sakit”, ungkap dokter Yoseph.     
    Saat ini, paket hospital tour untuk anak meliputi  Instalasi Gawat Darurat, Klinik Umum, Klinik Gigi, Kamar operasi, dengan beberapa simulasi diantaranya pertolongan napas, mengenal ambulance, mendorong brankard anak, membersihkan dan memeriksa gigi. “Sejak dibukanya kegiatan ini, animo sekolah yang ingin mengikuti hospital tour ini cukup tinggi, bahkan sempat kami gunakan hari lainnya”, ungkap Bayu Nuskantono. Para peserta hospital tour juga mendapatkan fasilitas PWDC Kid’s Club, yaitu kartu keanggotaan yang dapat digunakan di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”. Anak-anak juga diberi kesempatan berekspresi melalui gambar dalam program “Pantiwilasaku Imajinasiku”, gambar yang terbaik akan mendapatkan hadiah dan dipajang di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”, tambah Bayu.  
    Bagaimana? tertarik mengikuti kegiatan ini? Untuk mengikuti kegiatan ini ternyata mudah, pihak sekolah cukup mengajukan permohonan ke RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”, atau ke Bagian Marketing dan Humas untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap.  “Silakan menghubungi 024-70692008 atau 024-70222003, jika Anda tertarik, ungkap Dr. Yoseph Chandra.

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih Edisi 31 ( JULI - SEPTEMBER 2012 )

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar