INFEKSI SALURAN KENCING

INFEKSI SALURAN KENCING

Dokter saya ingin tahu lebih banyak tentang  infeksi saluran kencing? Bagaimana kejadiannya dan cara pencegahannya?

Ibu Nani
(0815668xxx)

Ibu Nani ,
    Infeksi saluran kencing (ISK) adalah infeksi yang terjadi di saluran kencing yang disebabkan oleh mikroorganisme atau bakteri atau kuman penyebab penyakit. Kuman terbanyak yang menyebabkan penyakit ini adalah Escericia coli (E.coli), yaitu kuman yang hidup di daerah usus besar.
    Sistem saluran kencing kita terdiri atas ginjal, saluran ginjal (ureter), kandung kencing dan saluran kencing. Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring “sampah” dari aliran darah, untuk mengatur keseimbangan cairan dan memproduksi beberapa hormon. Saluran ginjal atau ureter berfungsi untuk mengalirkan cairan hasil penyaringan ginjal ke kandung kencing untuk disimpan sementara. Bila kandung kencing penuh air kencing dikeluarkan melalui saluran kencing.
    Pada kondisi normal, air kencing adalah steril. Infeksi terjadi bila ada bakteri atau kuman yang berasal dari saluran cerna tersebut masuk ke dalam saluran kencing dan berkembang biak di sana. Bila tidak segera diobati maka infeksi akan naik ke kandung kencing, kuman berkembang biak disana demikian pula bila tetap tidak diobati infeksi akan naik ke atas lagi hingga mengenai ginjal. Bila sudah mengenai ginjal, gejala yang timbul akan lebih parah. Semula gejala mungkin hanya berupa anyang-anyangen, kencing sedikit-sedikit, terasa nyeri di sekitar pembuangan air kencing, hingga ada darah di dalam air kencing (air kencing berwarna merah segar atau merah kecoklatan), badan menjadi panas, mual – muntah bahkan sampai nyeri tak terhingga yang dirasakan di salah satu atau di kedua pinggang  yang dijalarkan ke perut bawah.
    Penyakit ini lebih sering menyerang wanita daripada pria, karena letak saluran kencing pada wanita lebih dekat dengan anus (pelepasan). Kejadian pada wanita hamilpun lebih sering dibanding pada wanita yang tidak hamil karena pada wanita hamil terjadi perubahan hormonal dan juga seringkali terjadi penurunan daya tahan tubuh.
    Pada penyakit tertentu seperti Diabetes Melitus (penyakit gula), pada penderita batu saluran kencing dan pembesaran prostat kejadian infeksi saluran kencing juga lebih sering. Pada penyakit Diabetes Melitus, daya tubuh menurun. Pada penderita batu saluran kencing dan pembesaran prostat terjadi penghambatan aliran air kencing (urin) sehingga bakteri akan lebih cepat berkembang biak.
    Infeksi saluran kencing dapat dicegah dengan pola hidup sebagai berikut:

  1. Minumlah air yang cukup, minimal 2 liter sehari; fungsinya adalah untuk mengencerkan konsentrasi bakteri di dalam saluran kencing.
  2. Jangan terbiasa untuk menahan kencing; karena ini menyebabkan bakteri cepat berkembang biak di saluran kencing.
  3. Pakailah celana dalam yang mudah menyerap keringat dan jangan memakai celana yang terlalu ketat; karena akan menyebabkan daerah khusus tersebut menjadi berkeringat dan lebih lembab yang merupakan tempat yang disukai bakteri untuk berkembang biak.
  4. Pada wanita, ketika cebok arah membersihkan adalah dari depan ke belakang, untuk mengurangi masuknya bakteri dari anus ke saluran kencing.
  5. Menghindari mandi berendam.

    Hindari kejadian infeksi saluran kencing dengan melakukan tindakan pencegahan seperti tersebut di atas. Bila mengalami gejala-gejala seperti yang telah dikemukakan di atas, segeralah berobat ke Dokter, supaya tidak terjadi komplikasi yang dapat memperparah penyakit ini.
    Demikian Ibu Nani, semoga bermanfaat.



{oleh : Dr. Nurendah K}

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 20 (OKTOBER-DESEMBER 2009)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar