KEGIATAN UPKM

KEGIATAN UPKM

    UPKM atau Usaha Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat merupakan tangan panjang Rumah Sakit untuk berpartisipasi dalam peningkatan kesehatan masyarakat secara holistic dalam bentuk usaha prefentif, kuratif, promatif dan rehabilitatif.
    UPKM Rumah Sakit Panti Wilasa ‘‘Dr. Cipto’’ bekerjasama dengan Promina mengadakan kegiatan internal yaitu ‘‘Klinik Tumbuh Kembang Anak’’ yang diselengaarakan pada hari sabtu tanggal 9 April 2005 mulai jam 10.00 dengan pembicara Dr. Nur Endah K. Kegiatan ini rutin 1 bulan sekali dilaksanakan dengan sasaran ibu-ibu yang memiliki balita. Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar ibu-ibu yang memiliki balita lebih bisa melihat perkembangan dan pertumbuhan anak-anak mereka secara normal. Pada kegiatan ini juga diajarkan bagaimana melatih balita yang baik dan benar. Untuk membuat daya tarik dan menghangatkan suasana pada acara ini juga diadakan door prize bagi peserta. Agenda kegiatan UPKM Klinik tumbuh kembang anak ini merupakan kegiatan internal dan para peserta biasanya adalah mantan-mantan pasien yang pernah menjalani rawat inap di RS. Panti Wilasa ‘‘Dr. Cipto’’.
    ‘‘UPKM RS. Panti Wilasa ‘‘Dr. Cipto’’ membagi kegiatannya kedalam 2 kategori yaitu kegiatan internal dan kegiatan eksternal’’ Kata Drs. Danu Ismoyo Kabag. UPKM RS. Panti Wilasa ‘‘Dr. Cipto’’.  Kegiatan UPKM lainnya yang merupakan kegiatan eksternal adalah penyuluhan terhadap kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) di Kelurahan Kudu Kecamatan Genuk Semarang yang diselenggarakan pada  10 April 2005. Penyuluhan kepada kader di Kelurahan Kudu ini cenderung ke arah evaluasi terhadap pemberian vitamin pada balita yang selama ini diberikan efektif atau tidak, dan juga menampung masukan dari kader apabila ada keluhan-keluhan dari produk vitamin yang telah di konsumsi selama ini. Pada acara ini juga dibagikan souvenir dari pihak pendukung acara kepada kader Posyandu yang hadir.
    Pada hari yang sama kegiatan eksternal UPKM juga diselenggarakan berupa pemeriksaan grastis terhadap para lansia (Posyandu Lansia) di Wisma Manunggal Jl. Tentara Pelajar Semarang. Selain pengobatan gratis juga ada donor darah dan juga kebaktian serta pembagian nasi bungkus kepada para lansia serta masyarakat sekitar. Semua kegiatan tersebut tidak lain karena didasari kepedulian dari RS. Panti Wilasa ‘‘Dr. Cipto’’ terhadap tugas kemanusiaan dan pelayanan kepada masyarakat.

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 2 (APRIL-JUNI 2005)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar