KENALI DAN ATASI GANGGUAN CEMAS MENYELURUH

KENALI DAN ATASI GANGGUAN CEMAS MENYELURUH

 Pendahuluan
     Apakah Anda sangat khawatir tentang segala sesuatu dalam hidup Anda. Padalah tidak ada alasan untuk khawatir? Apakah Anda sangat cemas didalam  melalui hari demi hari? Apakah Anda takut bahwa hal yang buruk akan terjadi? Jika demikian, Anda mungkin mengalami gangguan kecemasan yang disebut Gangguan Cemas Menyeluruh .
    Kecemasan  merupakan  bagian normal dari kehidupan. Anda mungkin merasa cemas ketika menghadapi masalah di tempat kerja, sebelum menghadapi  ujian, atau saat mengambil keputusan yang  penting.
   Sedangkan Gangguan Cemas Menyeluruh  apabila cemas terjadi berlebihan, kecemasan terjadi terus menerus dan semakin lama bertambah parah, sehingga perasaan ini mengganggu aktivitas sehari-hari seperti prestasi kerja, tugas sekolah, dan hubungan sosial dengan keluarga atau lingkungan sekitarnya.
    Gangguan Cemas Menyeluruh biasanya berkembang perlahan-lahan.  Sering gejala dimulai selama masa remaja atau dewasa muda. Gejala bisa  lebih baik atau lebih buruk pada waktu yang berbeda, dan sering menjadi lebih buruk selama ada nya stress.
    Angka kejadian Gangguan Cemas Menyeluruh sekitar 6,8 juta orang dewasa Amerika, wanita dua kali lebih banyak dari laki. Sekitar 3,1% orang dewasa Amerika usia  diatas 18 tahun terdiagnosis Gangguan Cemas Menyeluruh dan rata rata usia pasien saat berobat 31 tahun.
   Orang dengan Gangguan Cemas Menyeluruh dapat mengunjungi dokter berkali-kali sebelum diagnosis ditegakkan. Biasanya alasan untuk pergi ke dokter  karena sakit kepala atau sulit tidur . dokter biasanya memerlukan beberapa waktu untuk memastikan bahwa seseorang telah Gangguan Cemas Menyeluruh .

Apakah keluhan atau  gejala  gangguan cemas menyeluruh itu?
   Kita semua tentunya pernah cemas tentang hal-hal seperti masalah kesehatan, keuangan, atau keluarga. Tetapi orang dengan gangguan kecemasan menyeluruh akan mengalami cemas yang berlebihan , padahal tidak ada alasan untuk mencemaskan tentang hal tersebut. Mereka sangat cemas tentang bagaimana melalui hari ke sehari. Mereka berpikir setiap hal yang terjadi akan selalu buruk.
Contoh keluhan pasien Gangguan Cemas Menyeluruh gejala sebagai berikut:
   "Saya selalu berpikir tentang kecemasan. Saya selalu merasa tegang dan tidak bisa  rileks. Kecemasan bisa hilang timbul dan bisa pula menetap sampai beberapa hari. Saya akan khawatir untuk hal hal kecil seperti hadir di pesta makan malam, atau memberi pilihan   hadiah bagi seseorang.
   "saya mengalami kesulitan tidur dan terbangun di malam hari .Saya mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, bahkan membaca koran atau novel. Kadang merasa  pusing atau  Jantung berdebar debar . Dan gejala itu akan membuat lebih khawatir tentang ada nya penyakit yang berbahaya. Saya selalu membayangkan hal-hal buruk akan terjadi.
   "Saya khawatir sepanjang waktu tentang segala sesuatu. Padalah tidak ada masalah ya ng terjadi, saya hanya marah. Saya mengalami kesulitan tidur di malam hari, dan saya tidak bisa menjaga pikiran saya terfokus di tempat kerja. Aku sering marah dalam  keluarga saya sepanjang waktu. "
  Orang dengan Gangguan Cemas Menyeluruh  tidak bisa menyingkirkan kecemasan mereka, meskipun mereka biasanya menyadari bahwa kecemasan mereka berlebihan.
   Mereka tidak bisa bersantai, mudah terkejut,mudah marah  dan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan  sulit tidur .
      Gejala fisik yang sering menyertai kecemasan termasuk :
v    kelelahan,
v    sakit kepala, ketegangan otot, nyeri otot,
v    kesulitan menelan,
v    gemetar atau otot berkedut,
v    kulit  berkeringat atau terasa panas,
v    mual,muntah atau diare
v    pusing,
v    sering berkemih,
v    jantung berdebar dan sesak nafas

Mengatasi Gangguan Cemas Menyeluruh
   Gangguan Cemas Menyeluruh dapat diobati dengan psikoterapi, obat-obatan, atau keduanya.
    Psikoterapi. Suatu jenis psikoterapi yang disebut terapi perilaku kognitif  sangat berguna untuk mengobati Gangguan Cemas Menyeluruh. Psikoterapi ini mengajarkan orang agar memiliki  cara berpikir yang berbeda, berperilaku, dan bereaksi terhadap situasi yang dihadapi sehingga mengurangi kecemasan.
Obat-obatan. Dokter juga akan meresepkan obat untuk membantu mengobati Gangguan Cemas Menyeluruh . Dua jenis obat yang biasa digunakan adalah-anti-kecemasan dan antidepresan. Kedua obat tadi berguna mengatur keseimbangan neurotransmiter otak yang tidak seimbang. Dengan obat-obatan akan sangat membantu mengurangi keluhan dari Gangguan Cemas Menyeluruh

Penutup
   Gangguan Cemas Menyeluruh adalah gangguan yang  sering ditemukan.Gangguan ini diakibatkan gangguan keseimbangan neurotrasmiter (hormon otak) yang bermanifestasi kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan dan tidak rasional bahkan terkadang tidak realistik terhadap berbagai peristiwa kehidupan sehari-hari.
Kondisi ini dialami hampir sepanjang hari, berlangsung sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Kecemasan yang dirasakan sulit untuk dikendalikan dan berhubungan dengan gejala-gejala fisik seperti ketegangan otot, iritabilitas/gelisah, kesulitan tidur, sehingga menyebabkan penderitaan yang jelas dan gangguan yang bermakna dalam aktivitas sehari hari,fungsi sosial dan pekerjaan.
 Untuk informasi lebih lanjut tentang Gangguan Cemas Menyeluruh ,dapat menghubungi poliklinik di RS Panti Wilasa “ Dr.Cipto “ Semarang.

 

{oleh : dr. Yoseph Chandra, M.Kes}

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 43 (JULI-SEPTEMBER 2015)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar