Logo

KETIKA KULIT PISANG PUNYA MANFAAT AJAIB

KETIKA KULIT PISANG  PUNYA MANFAAT AJAIB

Kita pasti sudah akrab dengan buah pisang. Entah sebagai tambahan buah, digoreng, atau sekadar jadi makanan burung. Biasanya kalau makan pisang, kulitnya dbuang atau dimakan juga? Jujur saja, pasti dibuang kan.  Nah, setelah baca artikel ini,  pastikan kulit pisangnya sekarang  jangan dibuang.  Banyak manfaatnya.

TERNYATA dan itu dibuktikan secara ilmiah, kulit pisang punya vitamin dan kandungan yang amat bermanfaat untuk tubuh kita. Tidak percaya? Baiklah, kita perhatikan satu persatu kegunaan kulit pisang.

Menyemir sepatu dan benda-benda berbahan kulit
    Untuk pakaian berbahan katun, getah kulit pisang memang bisa menyebabkan noda hitam yang sulit dibersihkan. Namun kulit pisang memiliki khasiat bagi benda-benda berbahan kulit. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada sepatu kulit Anda. Kemudian bersihkan dengan lap halus. Anda akan mendapatkan sepatu kulit yang mengilap layaknya baru disemir. Bisa pula diaplikasikan pada benda-benda berbahan kulit lainnya seperti jaket, sofa, dan tas.

Melunakkan ayam panggang
    Ketika memanggang ayam, lapisi bagian atas dan bawah ayam dengan kulit pisang. Cara ini membuat daging ayam terlepas dari tulang-tulangnya, bertekstur lembut, lembap, dan lumer di mulut.

Menyuburkan tanaman
    Kulit pisang kaya kalsium dan magnesium yang sangat baik untuk menyuburkan tanah. Letakkan kulit pisang di pot tanaman atau tanah di sekitar tanaman Anda agar tanaman tumbuh dengan subur. Kulit pisang sangat baik untuk menyuburkan terutama pohon tomat.

Menyembuhkan gatal, ruam, dan gigitan serangga
    Menggosokkan kulit pisang di area kulit yang merah-merah akibat gatal, ruam, dan gigitan serangga akan membuat kulit kembali halus dan menghilangkan bentol.

Membersihkan perabotan berbahan perak
    Campur kulit pisang dengan air, lalu blender. Racikan ini sangat berguna untuk membersihkan perabot berbahan perak dan membuatnya mengilap.

Menghilangkan kutil
    Kutil di kulit terkadang mengganggu dan sulit dihilangkan. Namun kandungan kalium dalam kulit pisang mampu menghilangkan kutil dan mencegahnya tumbuh kembali. Caranya, tempelkan kulit pisang di bagian kulit di mana terdapat kutil, lalu diamkan semalaman. Anda bisa melekatkan kulit pisang dengan bantuan plester. Lakukan secara rutin selama satu atau dua minggu sampai kutil menghilang.

Meningkatkan kualitas pupuk kompos
    Berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam kulit pisang akan meningkatkan kualitas pupuk kompos sehingga menyuburkan tanah dan tanaman.

Mengobati jerawat
    Jerawat membandel bisa, lo dihilangkan dengan kulit pisang. Gosokkan kulit pisang ke area wajah terutama yang berjerawat. Diamkan sejenak, biarkan sisa-sisa pisang menempel di wajah, lalu bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang dan kulit Anda mulus berkilau.

Masker wajah
    Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai masker kulit wajah. Tempelkan kulit pisang di wajah pada malam hari. Bersihkan dengan dengan air hangat keesokan harinya. Lakukan secara rutin, Anda akan mendapatkan kulit wajah yang halus dan mulus. *

(JKm/berbagai sumber)

dimuat di Majalah Kasih Edisi 48

Tentang Penulis

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next SOFT OPENING GEDUNG KASIH

Tinggalkan Komentar