KLINIK TUMBUH KEMBANG ANAK : DEMAM PADA ANAK

KLINIK TUMBUH KEMBANG ANAK : DEMAM PADA ANAK

    Anak kita sering demam ? Jangan panik, perlu penanganan yang benar jika anak kita sering demam, demikian ungkap dr. Titi Somahita dalam acara Klinik Tumbuh Kembang Anak pada tanggal 12 April 2014 yang lalu di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto”.
    Lebih lanjut dr. Titi memaparkan tentang demam yang sering kali membuat para orang tua panik dan harus segera membawa ke dokter. “Demam terjadi apabila suhu tubuh meningkat diatas normal range”, ungkap dr. Titi. Suhu tubuh normal adalah 37 derajat celsius sementara diatas itu perlu pengawasan, dan pada level 40 derajat perlu segera ke dokter.
    Menurut dr. Titi, pada umumnya, demam merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi. Demam justru membantu tubuh untuk melawan infeksi. Kanera itu, obat diberikan apabila anak uncomfortable dan suhu tubuh > 38,5C. Untuk mengatasinya orang tua perlu tetap tenang dan tidak pani. Perlu diperhatikan pula bahwa anak kita jangan sampai dehidrasi atau kekurang cairan. Pahami pula, kapan harus menghubungi dokter.
    Disamping demam, dr. Titi mengulas pula penanganan kejang demam pada anak. Kegiatan yang diadakan sebulan sekali ini diikuti oleh para orang tua yang ingin menambah wawasannya tentang perkembangan anak. Apabila Anda ingin bergabung di kegiatan ini, silakan menghubungi RS Panti Wilasa “Dr. Cipto”.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 38 (APRIL-JUNI 2014)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar