Logo

KONSUMSI IKAN SALMON, TURUNKAN RISIKO SERANGAN JANTUNG

KONSUMSI IKAN SALMON,  TURUNKAN RISIKO SERANGAN JANTUNG

 Orang Jepang termasuk manusia dengan tingkat usia panjang, konon salah satunya karena kebiasaan mereka makan ikan mentah. Nah, sebuah studi terbaru menemukan hasil baru, ikan salmon yang biasa dimakan mentah-mentah juga, ternyata menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Naah…

    Kabar ini menjadi kabar baik untuk Anda yang bisa mengonsumsi ikan salmon di restoran Jepang atau membeli di supermarket. Konsumsi lemak ikan salmon dalam jumlah tinggi yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Temuan menunjukkan, risiko mengidap serangan jantung dengan konsumsi tinggi salmon efektif menurunkan risiko mengidap serangan jantung sebanyak 10 persen.
    Penelitian ini tidak dilakukan sembarangan, karena digagas oleh Tufts University di Boston, Amerika Serikat. "Hasil penelitian ini mendukung pentingnya konsumsi ikan dan sumber omega-3 sebagai bagian dari diet yang sehat," kata Dariush Mozaffarian peneliti.
    Ikan adalah sumber makanan utama dari asam lemak omega-3, termasuk asam eicosapentaenoic (EPA), asam docosapentaenoic (DPA) dan docosahexaenoic acid (DHA).
    Ikan berlemak seperti salmon, trout, ikan teri, sarden dan herring mengandung jumlah tertinggi asam lemak omega-3, meskipun rata-rata semua jenis ikan mengandung asam lemak omega-3. Selain asam lemak omega-3, ikan juga kaya akan protein, vitamin D, selenium dan berbagai mineral lainnya.
    Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis 19 studi dari 16 negara yang melibatkan 45.637 peserta. Dari jumlah tersebut, 7.973 orang mengidap serangan jantung, termasuk mengakibatkan 2.781 kematian dan 7.157 kasus serangan jantung yang tidak fatal.
    "Kami sangat menganjurkan agar masyarakat mengonsumsi sumber asam lemak omega 3 terutama dari ikan dan biji-bijian untuk menurunkan risiko mengidap serangan jantung," kata Mozaffarian. ¢ (JkM)

 

 

Dimuat Di Majalah Iasih Edisi 49

Tentang Penulis

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next ALLAH SUMBER KUASA DOA

Tinggalkan Komentar