Logo

MENGENAL RUANGAN RSPWDC BAGIAN INSTALASI GIZI

MENGENAL RUANGAN RSPWDC BAGIAN INSTALASI GIZI

     Instalasi gizi merupakan bagian dari rumah sakit yang bertugas melayani kebutuhan makan dan minum khususnya bagi pasien rawat inap juga untuk karyawan rumah sakit. Instalasi Gizi sangat identik dengan dapur jadi sering awam beranggapan bahwa dapur itu tempat yang kotor dan jorok, namun sebenarnya tidaklah demikian. Dapur merupakan tempat memproses bahan makanan mentah menjadi makanan siap saji, dimana ditempat tersebut dibutuhkan alat-alat yang memadai serta didukung oleh sumber daya manusia yang terampil dan cekatan.
     Dapur rumah sakit bukan hanya sekedar dapur, karena didalamnya memproses menu yang dibutuhkan oleh pasien yang juga menunjang kesembuhan pasien. Instalasi Gizi sangat menunjang proses kesembuhan, karena pasien sangat memerlukan asupan gizi selama menjalani rawat inap. Diharapkan Bagian Instalasi Gizi bisa menyajikan makanan atau minuman yang sehat, bersih, bergizi dan menarik.
     Pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh Bagian Instalasi Gizi RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” antara lain :

  1. Pengadaan dan penyediaan makanan bagi pasien rawat inap dan karyawan rumah sakit.
  2. Pelayanan gizi ruang rawat inap.
  3. Penyuluhan, konsultasi dan rujukan gizi untuk awam melalui seminar-seminar.
  4. Penelitian dan pengembangan gizi terapan

     Dalam pengadaan / penyediaan makanan mulai dari perencanaan hingga bahan makanan datang dan berlanjut pada proses pengolahan dan distribusi diawasi oleh ahli gizi. Ahli gizi RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” juga siap melayani konsultasi, edukasi dan evaluasi gizi baik bagi pasien rawat inap, rawat jalan dan keluarga pasien yang membutuhkan.

Renovasi
    Agar pelayanan terhadap pasien yang sangat memerlukan asupan gizi, RS.Panti Wilasa “Dr. Cipto” melakukan renovasi Bagian Instalasi Gizi. Renovasi dimaksud agar memenuhi standar akreditasi dan pelayanan sentralisasi serta tentu saja kenyamanan dan keamanan pasien. Dengan renovasi tersebut diharapkan pada tahun 2009 ini Instalasi Gizi sudah bisa merubah system pelayan dari Desentralisasi menjadi Sentralisasi. Tujuan dari program Sentralisasi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan gizi kepada para pasien rawat inap.
    Kenyamanan dan kerapian ruangan Instalasi Gizi merupakan cerminan rumah sakit pada umumnya, karena kebersihan makanan sangat menunjang kesembuhan pasien.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 16 (OKTOBER-DESEMBER 2008)

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next KAPULAGA : AMAMUM CAMPACTUMSOLAND

Tinggalkan Komentar