Logo

MENJADI LILIN KECIL MENERANGI DUNIA

MENJADI LILIN KECIL MENERANGI DUNIA

    Menikmati kendahan bawah laut menjadi daya tarik tersendiri bagi dokter spesialis bedah digestive RS Panti Wilasa "Dr. Cipto". Ya, Dr. Prabani Setiodrestiono Cornelius, SpB-KBD saat ini tengah menikmati hobi diving di beberapa tempat diving.
    Dokter yang lahir di Salatiga, 7 September 1956 ini cukup lama tinggal di Abe Jayapura. SD Gembala Baik, SMP St. Paulus dan SMA Negeri Abe Jayapura menjadi tempat dokter Prabani mengenyam bangku sekolah dasar hingga menengah. Sementara itu, pendidikan dokter diselesaikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Demikian juga dengan pendidikan spelialis bedah yang diselesaikannya pada tahun 1993. Sedangkan spesialis bedah digestif dirampungkan di Universias Diponegoro dan Universitas Airlangga pada tahun 2003 yang lalu. Tak cukup menimba ilmu di bidang kedokteran, dokter Prabani menempuh studi S2 Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) di Universitas Diponegoro. Maklum, dokter kita yang satu ini adalah surveyor KARS (Komite Akreditasi Rumash Sakit) yang men-survey dan membimbing rumah sakit yang akan memperoleh sertifikasi akreditasi.
    Dokter yang memiliki hobi lain yakni travelling dan fotografi ini mengawali karirnya sebagai dokter umum di PMI Cabang Semarang, pada tahun 1983-1984.  Pada tahun 1984 menjadi dokter di RSU Muara Bulian Jambi. Dua tugas lain juga sempat dijalaninya yaitu di  Puskesmas Penyengat Rendah, Kab. Batanghari,  Jambi   dan Puskesmas Jambi Luar Kota, Kab. Batanghari, Jambi hingga tahun 1987. Sejak tahun 1987 ini, Dr. Prabadi menempuh pendidikan ilmu bedah dan kemudian menjadi dokter bedah di RSUD Kota Semarang hingga sekarang.
    Tak hanya sebagai dokter, ternyata dokter Prabani mengembangkan diri untuk membantu rumah sakit mendapatkan sertifikasi akreditasi. Sejak tahun 1999 hingga sekarang, dokter yang memiliki seorang cucu, Aldofonsus Darren Okka Mardianes ini menjadi Surveyor dan Pembimbing Akreditasi RS (KARS).
    Beberapa pelatihan pun diikutinya untuk meng-update ilmu, diantaranya TOT ATLS, Pelatihan Endoskopi dan endoscopic ultrasonogfafi (Hongkong), Pelatihan Laparoskopi, advanced Laparoscopic Surgery (Vietnam), TOT Akreditasi JCI.
    Sementara itu, di bidang organisasi, dokter yang memiliki misi hidup yakni  membangun dari yang kecil ini aktif sebagai anggota organisasi IDI, PABI dan IKABDI. Jabatan lain yang pernah dijalaninya sebagai Ketua Avia Aero Club Semarang dan Sie Organisasi FASI Jawa Tengah. Dan satu yang menarik, dokter Prabani masih menyempatkan diri aktif di lingkungan perumahannya di Taman Setiabudi sebagai Ketua RT 01/ RW 18.
    Dokter yang memiliki visi menjadi lilin kecil menerangi dunia ini membagikan visinya di tengah keluarga bersama istri tercinta, Dra. Margareta Hardiningsih, MM. dan keempat putra-putrinya, yaitu A.Prabaniardi Paramita, SH, L.Prabaniardi Kartikasari, ST, A.Prabaniardi Istianto Haryono, ST, dan F.Prabaniardi Trustanugraheni (Mhs. FK UKDW Jogya). Falsafah yang dihidupinya yaitu mengalir bagai air, belajar tiada batas juga  menjadi inspirasi bagi keluarganya.
    Tentunya masih banyak pengalaman hidup dokter kita ini, apabila ingin tahu lebih lanjut, Dr. Prabani  terbuka menerima kita, terlebih  jika Anda juga hobi diving, sangat pas untuk bisa saling share sambil menikmati keindahan bawah laut. Sedangkan bagi yang ingin berkonsultasi kesehatan, silakan ke Klinik Bedah RS. Panti Wilasa "Dr. Cipto".

 

{oleh : Dr. Prabani Setiodrestiono Cornelius, Sp.B-KBD}

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 30 (APRIL-JUNI 2012)

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next DIARE BISAKAH DICEGAH

Tinggalkan Komentar