Logo

MENJAGA KESEIMBANGAN KARIR DAN KELUARGA

MENJAGA KESEIMBANGAN KARIR DAN KELUARGA

     Jika anda termasuk golongan yang pertama, anda mungkin akan mempertanyakan bagaimana cara menjaga keseimbangan antara utusan kantor dan keluarga. Nah, untuk menjawabnya, coba simak saran berikut:


a.    Tentukan Prioritas.
    Habiskan sedikit waktu untuk duduk dan mebuat daftar tentang apa saja yang mesti anda lakukan dan beri peringkat kepentingan. Yang terpentimg letakkan paling atas. Dan bisa Anda dahulukan pengerjaannya.

b.    Bikin kalender keluarga.
    Kalau memungkinkan, buatlah kalender besar untuk menampung rencana seluruh keluarga, komplit dengan jadwal, event, tempat dan waktunya. Kalau anda merujuk pada kalender ini, maka tidak akan terjadi double bookings. Usahakan membatasi mengatakan “ya” hanya pada segala sesuatu yang tercantum dalam prioritas.

c.    Membagi pekerjaan rumah tangga.
    Selalu ada toleransi untuk membagi urusan rumah tangga. Jangan Cuma dibebankan pada satu orang, melainkan harus berbagi bersama oleh keluarga. Bahkan anak kecil boleh punya tugas rumahan sesuai dengan usiannya. Sehingga anda tidak akan terbebani oleh urusan rumah tangga, disaat anda harus menyelesaikan urusan kantor.

d.    Tentukan tujuan keluarga dan karir.
    Agar tidak terjadi konflik dan bentrokan, memiliki tujuan bersama bisa jadi kegiatan mulia. Buatlah dalam tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Tapi, jangan terlalu kaku. Bersikap fleksibel lebih bijak daripada terlalu “saklek” pada satu tujuan.

e.    Habiskan waktu yang tak diinterupsi apapun bersama keluarga.
    Manfaatkan setiap waktu luang bersama keluarga dimana anda bebas menghabiskannya tanpa terganggu urusan kantor. Bila mungkin rencanakan keluar rumah bersama semua anggota keluarga.


f.    Miliki waktu anda sendiri.
    Disamping memperhatikan kebutuhan keluarga, kebutuhan anda sendiri sebagai pribadi, harus diperhatikan juga. Biarpun beberapa menit, tapi anda sangat memerlukan. Anda akan kaget betapa anda bisa memanfaatkan waktu itu untuk rileks dan menikmati hidup
Memang keseimbangan itu senantiasa diperlukan dalam hal apapun. So, anda yang belum melakukannya, agar hidup lebih manusiawi, seimbangkan urusan kantor dan karir anda mulai dari sekarang. Anda setuju…?


Sumber: Dunia Kerja Gloria Cybernet

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 12 (OKTOBER-DESEMBER 2007)

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next KRISTUS SANG PEMBEBAS

Tinggalkan Komentar