NYERI ULU HATI

NYERI ULU HATI

Dokter ulu hati saya sering nyeri, apakah saya kena maag? Apa betul  sakit maag tidak dapat disembuhkan?

Didik
081846xxxx

Jawab:
    Nyeri ulu hati memang secara awam disebut sebagai sakit mag dalam dunia kedokteran disebut sebagai gastritis. Gastritis adalah penyakit peradangan pada lambung. Peradangan ini disebabkan oleh dua faktor yaitu peradangan organik dan peradangan non organik. Peradangan organik pada lambung adalah peradangan yang disebabkan oleh kuman yang bernama Helicobacter Pylori (H.Pylori). Kuman ini 80% menyebabkan borok pada lambung, tumbuh subur ketika lambung dimasuki makanan atau minuman yang tidak bersih. H. Pylori  kalau tidak diobati akan terus bertahan dalam lambung sepanjang hidup seseorang yang terinfeksi . Penyakit mag yang disebabkan oleh H. Pylori dapat diidentifikasi dengan melakukan peneropongan yang disebut endoskopi/gastroskopi.
    Mag jenis kedua adalah mag non organik atau disebut mag fungsional. Beberapa keadaan yang dapat memicu timbulnya mag jenis kedua ini yaitu stres, makanan pedas, alkohol berlebihan, merokok  dan pemakaian obat penghilang nyeri  jenis tertentu secara terus-menerus.
    Pada beberapa kasus mag dengan disertai borok dapat meningkatkan risiko untuk menjadi kanker lambung. Akan tetapi bagi banyak orang, gastritis bukanlah penyakit yang serius dan akan segera kembali membaik dengan pengobatan.
Penyakit mag ditandai dengan keluhan perih atau rasa seperti terbakar pada ulu hati atau perut bagian kiri atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika makan, mual bahkan ada yang sampai muntah, perut terasa senep (terasa penuh pada perut bagian atas) atau kembung, kehilangan  selera makan dan terkadang dapat terjadi perdarahan lambung  yang ditandai dengan muntah darah atau terdapat darah pada berak.
    Lambung adalah sebuah kantong otot yang kosong yang berfungsi untuk memproses dan menyimpan makanan yang masuk. Ketika makanan berada di lambung, dinding lambung secara otomatis akan menghancurkan makanan tersebut. Pada saat tersebut, kelenjar-kelenjar yang terdapat pada permukaan dinding lambung akan mengeluarkan cairan lambung yang berisi enzim-enzim dan asam lambung untuk membantu proses penghancuran makanan. Asam lambung ini bersifat korosif (membakar), sehingga paku besipun dapat larut dalam cairan ini. Adapun dinding lambung dilindungi oleh lapisan penyangga yang mengeluarkan zat tertentu secara terus menerus untuk dapat menetralkan asam lambung yang keluar, sehingga lambung terhindar dari sifat korosif asam lambung.
    Hampir setiap orang pernah mengalami sakit mag. Dalam banyak kasus, terjadi hanya sebentar dengan meminum obat mag yang terjual bebas di toko-toko obat dan tidak memerlukan perawatan. Akan tetapi jika gejala yang dirasakan terjadi secara terus menerus selama seminggu atau lebih apalagi bila disertai dengan muntah atau berak bercampur darah, segera periksa ke dokter supaya mag dapat segera diatasi. Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan Bapak.

 

{oleh : Dr. Nurendah K}

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 24 (OKTOBER-DESEMBER 2010)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar