Logo

PIJAT BAYI : SENTUHAN NYAMAN BAGI BAYI ANDA

PIJAT BAYI : SENTUHAN NYAMAN BAGI BAYI ANDA

     Proses kelahiran adalah suatu pengalaman traumatik bagi bayi karena bayi yang lahir harus meninggalkan rahim yang hangat, aman, nyaman  dan dengan keterbatasan ruang gerak menuju ke suatu dunia dengan kebebasan gerak tanpa batas, yang menakutkan tanpa sentuhan-sentuhan yang nyaman dan aman di sekelilingnya, seperti halnya ketika berada di dalam rahim. Oleh karena itu sentuhan dan pijat pada bayi setelah kelahiran akan memberikan kontak tubuh berkelanjutan yang dapat mempertahankan perasaan aman pada bayi.
     Hal tersebut yang mendasari RS. Panti Wilasa ”Dr. Cipto”membuka pelayanan pijat bayi. Diharapkan pelayanan ini dapat membantu para ibu menyatakan kasih sayang pada bayi. Disamping itu ada beberapa manfaat yang diperoleh bagi bayi, antara lain meningkatkn berat badan bayi menirigkatkan pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkcin konsentrasi bayi, membuat bayi tidur lebih lelap, membina ikatan kasih sayang orang tua-anak,dan  meningkatkan produksi asi.
     Kapan seharusnya seorang ibu melakukan pemijatan pada bayinya? Waktu yang biasa dilakukan adalah setelah bayi dilahirkan. Dilakukan setiap hari sampai bayi berusia 6 - 7 bulan. Sedangkan waktu terbaik untuk melakukan pemijatan di pagi hari, saat orang tua & anak siap memulai hari baru dan  malam hari, sebelum tidur, sangat baik untuk membantu bayi tidur Iebih nyenyak.
     Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum pemijatan, dan hal-hal apa yang perlu dilakukan selam pemijatan? Apabila Anda tertarik lebih lanjut mengenai pelayanan ini segera hubungi RS. Panti Wilasa ”Dr. Cipto”. Nyatakan kasih sayang kepada bayi Anda melalui sentuhan Anda.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 7 (JULI-SEPTEMBER 2006)

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next SATU KARTU BERAGAM LAYANAN

Tinggalkan Komentar