Logo

SATU KARTU BERAGAM LAYANAN

SATU KARTU BERAGAM LAYANAN

Sebagai salah satu rumah sakit swasta, RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” tentunya  sudah dikenal oleh masyarakat. Bahkan tidak sedikit pula orang yang   pernah berkunjung ke rumah sakit ini. Selain ditunjang sarana dan prasarana yang  lengkap dan memadai, RS. Panti Wilasa ‘Dr. Cipto’ juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan handal.

        Menurut  Branch Manager PT. (Persero) Askes Cabang Semarang Dr. Taufik Hidayat, kualitas  pelayanan RS.  Panti Wilasa “Dr. Cipto” tidak hanya  mementingkan  bisnis semata, namun sudah menjunjung tinggi azas kemanusiaan. Dan hal itulah menurut Dr. Taufik Hidayat RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” sejak dulu hingga sekarang tetap dipercaya oleh masyarakat.
        Sejauh ini, ungkap Branch Manager  PT. Askes (Persero) Cabang Semarang, pihaknya  telah menjalin kerjasama dengan RS. Panti Wilasa ‘Dr. Cipto’ khususnya dalam melayani peserta Askes sukarela yang pesertanya  dari  swasta.
Lebih lanjut  Dr. Taufik mengatakan,  diusianya yang sudah  ke-55, RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” Semarang sudah menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan. Hal itu bisa dilihat  dari berbagai fasilitas pelayanan yang  telah ditunjang dengan  peralatan modern. “Hal ini menunjukkan kinerja para karyawan dari yang paling bawah sampai dengan jajaran Direksi melakukan pekerjaannya dengan cara  profesional,” tambah Dr. Taufik.

Produk Terbaru    
            Saat ditanya tentang produk layanan terbaru apa yang sekarang ini diluncurkan,  Branch Manager  PT. Askes  (Persero)  Cabang Semarang Dr. Taufik Hidayat menyebutkan jika produk layanan  terbaru itu adalah berupa  layanan bagi peserta askes pegawai negeri (PNS).” Kelebihan produk layanan terbaru itu adalah,  pemilik kartu peserta Askes PNS selain bisa digunakan untuk  berobat di rumah sakit pemerintah, bisa juga digunakan untuk berobat di rumah sakit swasta yang ditunjuk,” jelas Dr. Taufik sambil menambahkan jika  jasa  layanan kesehatan yang diberikan kepada peserta Askes PNS yang berobat di rumah sakit swasta dikenakan biaya tambahan. Namun biaya tambahan itu  masih bisa terjangkau.
               Dr. Taufik lebih lanjut  menjelaskan,  program Askes yang diperuntukkan  bagi PNS itu juga mempunyai kelebihan lainnya yaitu, efesiensi waktu bagi PNS. Sebab katanya, sudah bukan rahasia lagi jika  berobat ke rumah sakit pemerintah biasanya harus antri. Padahal, kata  Dr Taufik, jam kerja PNS  waktunya terbatas. Namun setelah PNS itu memegang kartu layanan  yang keluaran terbaru dari PT. Askes (Persero) tersebut tidak lagi harus antri di rumah sakit negeri, tetapi bisa pula  berobat ke rumah sakit swasta yang tentu saja bisa menghemat waktu.
            Sebetulnya, ungkap Branch Manager PT. Askes (Persero) Cabang  Semarang, jika dikalkulasi, biaya (premi) yang dikeluarkan peserta Askes PNS  sangat kecil, bahkan  sudah tidak sesuai dengan jasa layanan yang diberikan oleh PT. Askes. “Padahal, standarisasi dan fasilitas asuransi layanan kesehatan yang ditawarkan PT. Askes cukup lengkap” katanya.
           Khusus pelayanan Askes PNS yang akan berobat di RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” katanya,  akan dikenakan biaya tambahan yang bersifat fleksibel. Artinya, apa yang dilayani itulah yang akan ditagihkan, atau yang disebut dengan istilah  Fee Fun Service.
            Diakui Dr. Taufik, setelah program ini diluncurkan, animo peserta Askes PNS untuk berobat di rumah sakit swasta cukup tinggi.
            “Dengan begitu kerjasama yang terjalin antara PT. Askes dan  rumah sakit akan saling menguntungkan, karena rumah sakit akan mendapatkan banyak pasien, sedangkan PT Askes akan mendapat tambahan premi. Adapun keuntungan peserta Askes PNS, mereka mendapat pelayanan kesehatan lebih nyaman di rumah sakit RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” atau rumah sakit swasta lain yang ditunjuk,” papar Dr. Taufik Hidayat.

             Di ulang tahun RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” ke-55 sekarang ini, Dr. Taufik berharap agar  layanan kesehatan kepada masyarakat dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan. Begitu juga kerjasama selama ini yang sudah terjalin antara PT. Askes dengan RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” bisa  lebih baik lagi. 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih Edisi Perdana ( Januari 2005 )

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next DOMPET BANTUAN UNTUK PASIEN KURANG MAMPU

Tinggalkan Komentar