Logo

SEPUTAR HIGH CARE UNIT

SEPUTAR HIGH CARE UNIT

MK : Selamat Siang Dokter, saya dari Majalah kasih RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” mau menanyakan tentang HCU. HCU secara Definisi apa dok?
Dr. Rupii: HCU merupakan Unit Pelayanan yang diperntukkan bagi pasien yang membutuhkan pemantauan dan mempunyai kemungkinan membaik ataupun memburuk.

MK: Maksud dari kata membaik atau memburuk itu apa dok bisa dijelaskan.
Dr. Rupii: Jadi pasien yang masuk ke HCU itu ada dua kemungkinan membaik atau memburuk. Jika membaik maka pasien bisa dilanjutkan perawatan di ruang biasa akan tetapi jika memburuk maka Pasien segera dikirim ke ICU (Intensive Care Unit).

MK: Jika sama-sama memantau pasien, apa yang membedakan HCU dan ICU?
Dr. Rupii: ICU merupakan pelayanan pasien kritis secara intensif sedangkan HCU pelayanan pasien yang memerlukan pemantauan namun belum ke arah kritis. Pasien yang di dirawat bisa kearah membaik bisa juga memburuk.

MK: Prosedur untuk pasien bisa dirawat di HCU atau ICU bagaimana dok?
Dr, Rupii: Intinya jika pasien tersebut kritis sudah pasti harus di rawat di ICU karena memerlukan perawatan intensif. Sedangkan apabila pasien kondisinya memerlukan pemantauan secara kontinyu akan tetapi belum masuk masa kritis langsung dibawa ke HCU.

MK: Dari sisi peralatan medis, apa yang membedakan keduanya dok?
Dr. Rupii: Secara awam yang paling membedakan adalah alat bantu napas, di ICU pasien diberi alat bantu napas karena memang kondisinya lebih gawat. Sedangkan di HCU alatnya sebatas pemantau kondisi pasien.

MK: Pasien yang dirawat di HCU biasanya yang sakit apa dok?
Dr. Rupii: pasien yang dirawat di HCU bukan dari jenis penyakitnya namun lebih kepada kegawatan sakitnya. Pokonya jika memerlukan pemantauan terhadap kondisi pasien secara kontinyu ya di HCU.

MK: Standar jumlah ruang HCU di Rumah Sakit  kira-kira berapa dok? Kalau di RS. panti Wilasa “Dr. Cipto” bagaimana?
Dr. Rupii: Standarnya 20 persen dari seluruh ruang perawatan biasa di rumah sakit. Untuk RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” saat ini masih mempunyai empat ruang HCU. Untuk permulaan jumlah tersebut sudah bisa dibilang cukup, akan tetapi kedepan jumlah ruang HCU akan meningkat seiring dengan kebutuhan. Saat ini saja hampir tiap hari ruang HCU di RS.Panti Wilasa “Dr. Cipto” selalu penuh.

MK: Yang terakhir, Keuntungan dari HCU bagi pasien sendiri apa dok?
Dr, Rupii: Pasien yang jelas lebih terpantau, selama ini pasien yang gawat langsung dibawa ke ICU padahal tidak mesti semuanya ke sana. Dengan adanya HCU pasien gawat bisa ditentukan membaik dan kembali dirawat di ruang perawatan biasa atau memburuk dan harus dirawat intensif.

 

{oleh : Dr. Rupii, Sp.An KIC}

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 18 (APRIL-JUNI 2009)

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next OSTEOPOROSIS 1

Tinggalkan Komentar