Logo

SUB CENTER KONTRASEPSI MANTAP KONTAP

mow
SUB CENTER KONTRASEPSI MANTAP KONTAP

    Kabar menggembirakan untuk keluarga tidak mampu yang termasuk Pasangan Usia Subur bahwa terhitung mulai bulan januari 2006, RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” membuka kembali pelayanan kontrasepsi mantap bekerjasama dengan BKKBN atau lebih dikenal dengan pelayanan MOW (Medis Operasi Wanita) dan MOP (Medis Operasi pria). Pelayanan kontrasepsi mantap ini menggunakan metode Tmal (Tubektomi Minilaparatomi) atau metode dengan anestesi lokal. Program sosial ini dilatarbelakangi oleh tidak terkendalinya laju perkembangan penduduk karena angka kemiskinan yang semakin bertambah sehingga untuk ikut program Keluarga Berencana terasa mahal. Untuk itu RS. Panti Wilasa sebagai rumah sakit bermutu pilihan masyarakat merasa peduli untuk ikut mencegah laju perkembangan penduduk serta bertanggungjawab terhadap kesejahteraan masyarakat dengan melayani MOW dan MOP secara gratis kepada pasangan usia subur yang termasuk golongan tidak mampu atau dari Keluarga Miskin (GAKIN).
    Untuk dapat menerima pelayanan MOW dan MOP gratis ini syaratnya harus melalui PLKB (Petugas Lapangan Keluarga Berencana). Pasangan Usia Subur harus mendapatkan rujukan dari PLKB baik ditingkat kecamatan maupun desa, setelah mendapatkan surat keterangan atau rujukan maka pasangan usia subur tersebut dipersilakan datang dan langsung akan mendapat pelayanan gratis tersebut. Apabila tidak ada rujukan dari PLKB maka akan dianggap sebagai peserta KB mantap biasa dan dikenakan biaya sesuai tarif yang berlaku.
    RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” selain sebagai Sub Center Kontrasepsi Mantap yang rencana akan diresmikan oleh BKKBN Jawa Tengah pada tanggal 11 Maret 2006 juga sebagai pusat pelatihan metode vasektomi tanpa pisau (Non Scalpel Vasectomy), dibawah pimpinan Dr. Rudy Hendarto. Disamping telah melayani Pasangan Usia Subur sebanyak 25.000 akseptor sejak tahun 1985, Dr. Rudy juga salah seorang pelatih Vasektomi tanpa pisau dengan anestesi lokal bagi dokter-dokter Puskesmas/ rumah sakit di Jawa Tengah dan juga koordinator atau pemantau pelaksanaan MOW dan MOP di Tingkat Jawa Tengah. Area Kontrasepsi Mantap yang dilayani oleh Dr. Rudy Hentarto meliputi Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Kudus, kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 5 (JANUARI-MARET 2006)

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next GEL REPELAN MINYAK SEREH

Tinggalkan Komentar