TRIK JITU MENGATASI ANAK YANG SUSAH MINUM OBAT

TRIK JITU MENGATASI ANAK YANG SUSAH  MINUM OBAT

 Sangat sulit membujuk anak-anak untuk minum obat, walaupun obatnya sudah dalam bentuk sirup dan manis rasanya. Keluhan dari orang tua yang mengantar anaknya berobat membuat saya tergelitik untuk menulis tentang hal ini.

 

     Anak susah minum obat banyak alasannya. Pertama, karena rasanya tidak enak. Ke dua, karena aromanya juga tidak enak. Ke tiga, karena anak yang sedang sakit tidak berada dalam kondisi mood yang baik, lebih rewel dari biasanya.
Sebagai orang tua tentu saja kita sangat khawatir bila anak tidak minum obat. Berbagai cara kita lakukan termasuk memaksa anak dengan cara mencekokkan obat ke dalam mulut anak sambil memegangi kaki dan tangannya sehingga anak tidak bisa menolak untuk minum obat. Hasilnya anak akan meronta-ronta dan berusaha mengeluarkan kembali obat yang di berikan. Hal ini tentu saja dapat membuat anak takut untuk minum obat.
    Sayapun pernah melakukannya pada putri bungsu saya saat kecil, dan hasil akhirnya putri saya justru lebih susah dan takut untuk minum obat. Melalui tulisan ini saya ingin berbagi beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang susah minum obat.

Trik mengatasi anak yang susah minum obat :

1.    Ubah pola pikir anak tentang obat
    Sebagai orang tua tanpa sadar kita sering menakut-nakuti anak kita yang masih kecil ketika tidak mau tidur atau si anak tidak suka makan dengan berkata,” Ayo kalo tidak mau tidur atau tidak mau makan nanti di suntik lho sama dokter? “
    Kalimat seperti ini akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang penakut ketika melihat dokter, apalagi minum obat dari dokter.
    Berikan pengertian bahwa ia harus minum obat karena sedang sakit. Kita bisa memberikan contoh perbandingan kondisi yang ia alami ketika sehat dibandingkan ketika sakit. Karena sakit itu rasanya tidak enak, maka bujuklah ia agar segera sembuh dengan cara minum obat.

2.    Cari waktu yang tepat
    Ada baiknya kita mencari dan menunggu moment yang tepat untuk memberikan obat pada anak. Biasanya dokter akan memberikan resep obat 2-3 kali sehari.
Dalam kondisi ini usahakan kita sebagai orang tua melihat kapan mood anak sedang baik dan segera berikan obatnya.

3.    Alihkan perhatian anak
    Ini adalah cara yang cukup ampuh, ketika anak susah minum obat,  alihkan perhatiannya, misalnya dengan menonton televisi, mengajak bermain dokter-dokteran atau memberikan iming-iming hadiah ( bila hadiah berupa makanan harus diberikan sesuai dengan kondisi penyakitnya, jangan diberikan es krim ketika anak sedang batuk karena dapat memperberat penyakitnya ).
    Ajak mereka bermain dan tertawa, sehingga larut dalam kesenangan dan segera berikan obat pada waktu itu juga, di jamin pasti sukses.

4.    Gunakan teknik sisipan
    Berikan obat di antara suapan-suapan makanan yang biasa diberikan. Misalnya, setelah makan bubur 3 sendok, maka sendok yang ke empat adalah obat. Lalu lanjutkan lagi dengan bubur. Namun hati-hati si anak tidak boleh merasa di jebak, harus tetap diberikan pengertian mana bahwa sendok itu berisi obat bukan bubur.
Karena ketika anak merasa dijebak maka ia akan menolak makan bubur dan malah menimbulkan persoalan baru buat orang tua.

5.    Gunakan makanan atau minuman pendamping
    Ada baiknya sebelum menggunakan makan atau minuman pendamping kita harus tahu terlebih dahulu jenis makanan atau minuman yang tidak boleh disandingkan dengan obat.
    Waktu belajar minum obat dulu, saya pernah menggunakan pisang, madu, sirup atau sari buah.
    Diperlukan kesabaran untuk membuat anak mau minum obat dan menghabiskan obat yang sudah diberikan oleh dokter. Sebagai orang tua tentunya kita menginginkan anak cepat sembuh dari sakitnya. Selamat mencoba ke lima trik jitu untuk mengatasi anak yang susah minum obat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para orang tua yang sedang menghadapi anak yang susah minum obat. Tuhan memberkati.
(Dikutip dari berbagai sumber)

 

{oleh : dr. Eny Irawati}

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 43 (JULI-SEPTEMBER 2015)

Dipost Oleh Patricia Putri

patricia putri

Post Terkait

Tinggalkan Komentar