Logo

USG 4 DIMENSI KINI HADIR DI RS. PANTI WILASA DR. CIPTO

USG 4 DIMENSI KINI HADIR DI RS. PANTI WILASA DR. CIPTO

RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” sebagai rumah sakit pilihan dan juga rujukan yang senantiasa mengikuti perkembangan teknologi kedokteran telah menghadirkan USG 4 Dimensi pada awal tahun 2006 ini.

 

    USG merupakan teknologi terkini ultrasound dengan pengambilan gambar tiga dimensi real time. RS. Panti Wilasa ”Dr. Cipto” sebagai rumah sakit pilihan dan juga rujukan yang senantiasa mengikuti perkembangan teknologi kedokteran telah menghadirkan USG 4 Dimensi pada awal tahun 2006 ini. USG 4 Dimensi kami hadirkan karena RS. Panti Wilasa ”Dr.Cipto” memenuhi kebutuhan pasien dalam memantau perkembangan janin” Jelas Dr. Yoseph Chandra, M.Kes Direktur RS. Panti Wilasa ”Dr. Cipto”.  Bagi masyarakat yang memerlukan pemeriksaan dengan USG 4 Dimensi bisa langsung datang karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan sesuai dengan kondisi serta keadaan ekonomi masyarakat sekitar.
RS. Panti Wilasa “Dr. Cipto” senantiasa memberikan yang terbaik untuk melayani masyarakat yang memerlukan dengan teknologi terkini dan kualitas layanan yang terbaik, sesuai dengan mottonya yaitu ”Melayani dengan cinta kasih mengutamakan kualitas pelayanan”.                                                                                            
    Dengan menggunakan USG 4 Dimensi ini ibu hamil dapat dengan cepat mengetahui keadaan si buah hati, dan permasalahan yang lebih berat dapat teratasi karena sudah terdeteksi sejak dini. ”Beberapa keuntungan akan didapat dengan menggunakan USG 4 Dimensi ini, karena lebih bisa dimengerti oleh pasien, dapat mendeteksi suatu kelainan lebih dini, dan hasil gambar seperti rekaman film”, Lanjut Dr. Yoseph.
    USG 4 Dimensi merupakan alat yang aman karena menggunakan gelombang suara, tidak invasive dan juga tidak memerlukan persiapan khusus, namun demikian sebaiknya konsultasi ke dokter yang ahli dibidangnya jika ingin melakukan pemeriksaan. Walaupun aman akan tetapi penggunaan tidak boleh terlalu lama, yang perlu dicermati adalah efek gelombang yang meningkat pada saat menggunakan power dopler, atas dasar itulah perlu pendampingan dokter yang sudah ahli dibidangnya.
    Di RS. Panti Wilasa ”Dr. Cipto” penanganan USG 4 Dimensi dilayani antara lain oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan seperti Dr. R. Soerjo Hadijono, Sp. OG dan Dr. Syarif Taufik H, Sp. OG. Pelayanan dilaksanakan pada hari kamis Jam 17.00 - 18.00 atau dengan perjanjian terlebih dahulu. Pelayanan USG 4 Dimensi ini dilakukan apabila ada permintaan dari ibu hamil atau apabila terdapat tanda-tanda kehamilan. Akan tetapi dianjurkan pada setiap tahapan (tiga bulan) selalu dilakukan agar perkembangan janin bisa selalu terpantau, sehingga bisa sehat dan selamat ketika dilahirkan. Seperti diketahui bersama bahwa pemeriksaan USG 4 Dimensi yang terbaik terbagi dalam 3 tahapan, yaitu tri semester pertama, tri semester ke dua dan tri semester ketiga. Dengan melalui tahapan-tahapan tersebut minimal kondisi janin bisa terpantau dengan baik.
    ”Perbedaan yang menonjol dari USG 3 dimensi, adalah karena adanya penambahan satu dimensi yaitu dimensi gerak, dimana dengan USG 4 Dimensi ini pergerakan janin bisa terlihat”, Jelas Dr. Syarif Taufik, Sp.OG. Selain melihat rekaman aktivitas si buah hati, USG 4 Dimensi bisa menentukan umur, mendeteksi kelainan plasenta, menentukan kehamilan ektopik, mendeteksi tumor ovarium, payudara, hati, kandung empedu, pancreas, limpa, ginjal, kandung kemih dan prostate, lanjut Dr. Taufik.
    Jelas sudah bahwa manfaat USG 4 Dimensi sangat besar, baik bagi ibu hamil maupun bagi perkembangan buah hatinya di dalam rahim. Bagi dokter kebidanan dan kandungan USG 4 Dimensi seperti stetoskop bagi dokter umum, mengingat besarnya manfaat dan merupakan alat dasar. “Melihat kecanggihan alat ini, maka dihimbau pada ibu-ibu yang akan memeriksakan kandungannya dengan menggunakan USG 4 Dimensi tidak hanya untuk melihat wajahnya saja”, Kata Dr. Taufik. Biasanya masyarakat kita belum mengetahui betul arti dan fungsi USG 4 Dimensi. Ibu-ibu akan lebih senang jika sudah melihat wajah dan jenis kelaminnya tanpa melihat hal lain yang jauh lebih penting.

 

 

*Dimuat dalam Majalah Kasih edisi 7 (JULI-SEPTEMBER 2006)

Tentang Penulis

Patricia Putri

patricia putri

Prev Mengenal Penyakit Reumatik Lupus Eritematosus Sistemik
Next 55 TAHUN MELAYANI DAN MENGABDI

Tinggalkan Komentar